Sosial

Semua Balon Bupati Abdya Lulus Uji Baca Al-Quran

Semua Balon Bupati Abdya Lulus Uji Mampu Baca Al-Quran

ACEHTERKINI.COM | 10 Pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) dinyatakan lulus semuanya dalam Tes Uji Mampu Baca Al-Qur’an pada Rabu (28/9/2016) kemarin, di Mesjid Jami’ Baitul Adhim, Blangpidie.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya Elfiza SH MH didampingi sejumlah komisioner KIP lainnya, Kamis (29/9/2016) mengatakan, tim penguji dihadirkan dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Lembaga Pengembangan Tilawatil Qu’ran (LPTQ) dan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Abdya.

“Dari tiga unsur yang dinilai tim penguji yakni Tajwid, Fashahah dan Adab, bahwa seluruh kandidat lulus dan telah memenuhi syarat jumlah nilai yang ditentukan,” kata Elfiza.

Dari 10 Pasangan Balon Bupati yang hadir, lanjut Elfiza, akan ada sekitar 20 orang peserta yang mengambil nomor undian secara acak. Akan tetapi yang hadir saat mengambil nomor undian dilanjut dengan tes uji mampu baca Al-Qur’an hanya 19 orang peserta.

Hal itu dikarenakan satu orang kandidat Bupati yaitu Ir M. Fakruddin tidak mengikuti tes tersebut dan hanya dihadiri balon wakilnya saja yakni H Sulaiman Adami.

“Nilai yang diberikan tim penguji bervariasi, ada yang sangat baik, baik dan kurang. Yang jelas semua kandidat lulus dan telah memenuhi qouta nilai yang diberikan,” sebutnya.

Sepuluh Pasangan Balon Bupati yang mengikuti tes uji mampu baca Al-Qur’an yakni Erwanto-Muzakir usungan Partai Aceh (PA) dan Gerindra. Akmal Ibrahim-Muslizar usungan Partai Demokrat, NasDem, PKB dan PNA. Kemudian Said Syamsul Bahri-M Nafir usungan dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan PKPI.

Sementara itu, yang maju dari jalur Independen (Perorangan) yakni, Pasangan Balon Maidisal Diwa-Ruslan, Hasbi M Saleh-T Alamsyah Yusfa, Tgk M Qudusi Syam Marfali-Burnisar, Zainal Arifin-Said Azhari, Muazam-Hermansyah dan Junaidi-Masrizal

Pasangan Balon Ir M Fakruddin-Sulaiman Adami yang disusung Partai Hanura, Golkar dan PBB, hanya dihadiri Sulaiman Adami saja sebagai Balon Wakil Bupati. Sementara untuk keputusan terkait status M Fakruddin yang tidak mengikuti tes kesehatan dan tes uji mampu baca Al-Quran, masih menunggu hasil keputusan dari KPU pusat.

“Gugur atau tidaknya, kita tunggu saja keputusan finalnya nanti, yang jelas kita sedang konsultasi dengan pihak KPU pusat dan jawabannya akan diberikan secepatnya sebelum berakhir masa melengkapi persyaratan yakni 4 Oktober mendatang,” demikian Elfiza. (Rizal)

To Top