Sosial

Satu Bakal Calon Bupati Abdya Tidak Hadir Uji Baca Al-Qur’an

Satu Bakal Calon Bupati Abdya Tidak Hadir Uji Baca Al-Qur’an

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 10 Pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (28/9/2016) sekitar pukul 10.00 WIB hingga jelang sore menjalani uji mampu baca Al- Qur’an, di Mesjid Jami’ Baitul Adhim, tepatnya di Desa Pasar, Kecamatan Blangpidie. Dari 10 pasangan calon itu satu Balon Bupati, M. Fakhruddin tidak hadir karena sakit.

Acara itu dihadiri Bupati Abdya Jufri Hasanuddin didampingi sejumlah unsur Forkompinkab, Ketua KIP Abdya Elfiza SH MH, berserta para komisioner KIP lainnya. Kemudian juga turut dihadiri sejumlah Pasangan Balon Bupati/Wakil Bupati.

Ketua KIP Abdya Elfiza mengatakan, tim penguji dihadirkan dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Lembaga Pengembangan Tilawatil Qu’ran (LPTQ) dan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Abdya. “yang dinilai ada tiga unsur, yaitu Tajwid, Fasahah dan adab,” kata Elfiza.

“Dalam tes uji baca Al-Quran ini tidak ada tebang pilih semua akan dinilai oleh dewan juri secara adil dan netral. Hasilnya nanti akan diserahkan kepada KIP selesai acara ini,” tuturnya.

Sepuluh Pasangan Balon Bupati yang mengikuti tes uji mampu baca Al-Qur’an yakni Erwanto-Muzakir usungan Partai Aceh (PA) dan Gerindra. Akmal Ibrahim-Muslizar usungan Partai Demokrat, NasDem, PKB dan PNA. Kemudian Said Syamsul Bahri-M Nafir usungan dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan PKPI.

Sementara itu, yang maju dari Independen (Perorangan) yakni, Pasangan Balon Maidisal Diwa-Ruslan, Hasbi M Saleh-T Alamsyah Yusfa, Tgk M Qudusi Syam Marfali-Burnisar, Zainal Arifin-Said Azhari, Muazam-Hermansyah dan Junaidi-Masrizal

Kemudian Pasangan Balon Ir M Fakruddin-Sulaiman Adami yang diusung Partai Hanura, Golkar dan PBB, hanya dihadiri Sulaiman Adami sebagai Balon Wakil Bupati.

Sementara M. Fakruddin masih menjali perawatan medis karena sakit di Jakarta. Diinformasikan bahwa M Fakruddin juga tidak menghadiri tes Kesehatan di Rumah Sakit Umum Zainol Abidin (RSUZA) Banda Aceh pada tanggal 24 September 2016 lalu.

Terkait dengan Balon Bupati Ir M. Fakruddin yang tidak berhadir dalam acara tes kesehatan dan tes uji mampu baca Al-Quran, Ketua KIP Abdya Elfiza SH MH mengatakan, bahwa pihaknya tidak mungkin melangkahi tahapan yang sudah ditentukan oleh PKPU.

“Tahapan sudah berjalan, jadi kita tidak mungkin mengulur-ngulur waktu lagi, yang jelas kita tetap mengacu pada aturan KPU pusat,” ungkapnya kepada wartawan disela jeda acara uji mampu baca Al-Quran di Mesjid Baitul Adhim, Blangpidie, Rabu (28/9/2016).

Dimana, lanjut Elfiza, terhadap Balon Bupati yang tidak mengikuti tes kesehatan dan tes uji mampu baca Al-Quran akan diberikan batasan waktu melengkapi hingga 4 Oktober mendatang. “Selebihnya kita tidak bisa memberikan waktu lagi,” jelasnya.

Seperti yang diterima pihaknya, bahwa tim dari Fakruddin-Sulaiman Adami termasuk partai pengusung meminta batasan waktu hingga tanggal 10 Oktober. “Sekali lagi kita tegaskan, bahwa kita hanya memberikan batas waktu sampai 4 Oktober, selebihnya tidak ada,” demikian Elfiza. (Rizal)

To Top