Peristiwa

Rumah Warga Abdya Hancur Terbelah Dihantam Angin Kencang

ACEHTERKINI.COM | Angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (19/9/2016) sekitar pukul 21.00 WIB, telah membuat rumah M. Jafar (85) hancur terbelah akibat tertimpa pohon kelapa di Desa Persiapan Cinta Makmur, Kecamatan Setia, kabupaten setempat sekitar pukul 23.00 WIB.

Informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Becana Kabupaten (BPBK) Abdya, Selasa (20/9/2016). Rumah yang dihuni M Jafar bersama dengan istri dan satu orang anaknya itu, tertimpa pohon kelapa dengan panjang lebih kurang 10 meter, sehingga seluruh badan rumah mulai dari dapur hingga keruang tamu terbelah oleh pohon tersebut.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, meskipun saat kejadian M Jafar bersama dengan keluarganya sedang tertidur didalam rumah,” kata Kabid Kedaruratan BPBK Ratno Juarsa didampingi Sekretaris BPBK Mudasir S.Pd diruang kerjanya.

Rumah Warga Abdya Hancur Terbelah Dihantam Angin Kencang
Rumah Milik M Jafar di Abdya Hancur 

Untuk itu, lanjut Ratno, BPBK Abdya telah melakukan pembersihan kelokasi kejadian, yakni dengan memotong pohon kelapa menggunakan mesin pemotong kayu.

Kemudian, kata Ratno, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) setempat agar segera mendatangkan bantuan.

“Kita juga sudah memberikan bantuan masa panik berupa Pakaian, Sandang dan Pangan untuk keluarga yang tertimpa musibah itu,” sebut Ratno.

Dikatakan Ratno, BPBK jauh-jauh hari sudah menghimbau kepada seluruh warga melalui kecamatan yang diteruskan kepada sejumlah kepala desa (Keuchik) untuk mewapadai pohon yang sudah condong dan mengancam keselamatan warga termasuk rumah warga itu sendiri.

“Ini merupakan kesekian kalinya terjadi pohon tumbang menimpa rumah warga di Abdya. Dalam sepanjang tahun ini saja, lebih kurang ada sekitar 6 rumah yang tertimpa pohon dan ada juga pohon yang tumbang kejalan raya, bahkan ada yang mencederai warga,” jelasnya.

Terakhir Ratno menjelaskan, akibat angin kencang yang datang secara tiba-tiba itu, bukan hanya pohon kelapa saja yang tumbang, bahkan ada juga pohon pinang dan jengkol. “Maka dari itu, kita meminta kepada warga untuk tetap waspada, karena angin kencang di Abdya datang secara tiba-tiba,” demikian Ratno. (Rizal)

To Top