Layanan Publik

Proses E-KTP di Aceh Masih Terkendala Blangko

ACEHTERKINI.COM | Proses pelaksanaan KTP elektronik di Banda Aceh dan Aceh Besar masih terkendala keterbatasan blangko. Hal ini terungkap dari hasil investigasi Ombudsman RI Perwakilan Aceh.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh Taqwaddin mengatakan, pemantauan proses pelaksanaan perekaman dan percetakan e-KTP ini merupakan bagian dari evaluasi Instruksi Menteri Dalam Negeri dalam proses percepatan penerbitan KTP elektronik dan akta kelahiran.

Proses E-KTP di Aceh Masih Terkendala Blangko

“Tujuan pemantauan ini untuk memastikan agar masyarakat mendapat pelayanan terbaik dari pemerintah terkait pemberian identitas bagi setiap penduduk yang sudah memenuhi syarat,” ujarnya, Senin (26/9/2016).

Pemantauan ini dilakukan di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar pada 20-21 September 2016 lalu. Hasilnya masih terdapat kendala dilapangan untuk proses perekaman dan percetakan e KTP, misalnya keterbatasan blangko dan birokrasi yang panjang untuk pengajuan blangko ke Dirjen Kependudukan di Jakarta.

“Wilayah kerja yang luas tidak sebanding dengan petugas di lapangan dan ini juga diperparah dengan sering terjadinya pemadaman listrik sehingga banyak peralatan elektronik yang rusak,” kata Taqwaddin menyebutkan beberapa kendala.

Sedangkan di Banda Aceh belum ditemukan sejumlah kendala. Hanya saja kata Taqwaddin, banyak warga yang wajib KTP belum melakukan perekaman e-KTP.

“Temuan ini akan disampaikan ke Ombudsman RI Pusat di Jakarta agar dapat dilakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri sehingga kendala-kendala tersebut dapat segera ditanggulangi,” demikian Taqwaddin. [Edi]

To Top