Sosial

Polda Aceh Siapkan 2.000 Personil BKO Amankan Pilkada 2017

ACEHTERKINI.COM | Kepolisian Daerah (Polda) Aceh akan menyiapkan pasukan pengamanan Pilkada 2017 diseluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal itu disampaikan Kapolda Aceh melalui Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Aceh, AKBP Alfian, SH, Sabtu (3/9/2016).

‘Kita akan melihat berapa kekuatan Polda Aceh dan melihat situasi sekarang, kita memang membutuhkan 2000 orang BKO, kalau diperlukan banyak personil maka kita siapkan. Intinya Mabes Polri sudah siap berapapun jumlah personil Bawah Kendali Operasi (BKO) yang dibutuhkan Polda Aceh,” kata Alfian usai Seminar dan Lokakarya yang digagas BKPRMI Aceh di Masjid Jamik Darussalam.

Alfian menambahkan jumlah personil yang disiapkan untuk mengamankan Pilkada Aceh tergantung jumlah TPS yang akan ditetapkan oleh KIP Aceh. “Nanti kita akan petakan mana yang rawan I, rawan II dan aman, artinya kalau TPS rawan I akan kita tempatkan dua personil, sesuai dengan kerawanannya,” tambah Alfian.

Polda Aceh Siapkan 2.000 Personil BKO Amankan Pilkada 2017
Ilustrasi

Menurut Alfian, saat ini kondisi Aceh belum ada daerah yang rawan walaupun ada daerah yang sudah kita petakan rawan. “Misalnya lintas timur Aceh itu masih rawan, kalau lintas barat relatif aman, tapi semua ini bisa saja berubah,” katanya.

Polda Aceh masih memprediksikan bahwa pelaksanaan Pilkada 2017 di Aceh berlangsung aman dan damai. “Kita sudah turunkan intelejen untuk mengantisipasi situasi dari sekarang,” terangnya.

Alfian juga mengatakan selain polisi, pengamanan Pilkada Aceh 2017 nanti juga akan melibatkan pasukan TNI. “Kalau TNI cukup dari Aceh tetap melakukan backup, kalau polisi BKO bisa saja didatangkan dari Medan dan Padang, itu tergantung Mabes Polri,” demikian Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Aceh, AKBP Alfian.

Catatan acehterkini, pada Pilkada Aceh tahun 2012, Kepolisian Daerah Aceh mendatangkan 780 personil Brimob dari Kelapa Dua, Depok untuk pengamanan. Sementara Polda Aceh sendiri menyiapkan 13.000 lebih personil yang dibantu 1.500 lebih pasukan TNI dan 21.000 lebih anggota Linmas.

Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disiapkan KIP Aceh sekitar 9.763 lokasi. Untuk TPS Rawan I ada 3.046 lokasi dan rawan II sekitar 1.399 lokasi dan sisanya dikategorikan aman. [Firman]

To Top