Layanan Publik

Pemadaman Listrik bukan Karena Daya. Muzakir Manaf : 2017, Aceh Aman Listrik

Foto : Muzakir Manaf bersama Manager PLN Nagan Raya, Andi Makassau (ist)
Masalah pemadaman listrik yang terjadi di Aceh bukan disebabkan karena kekurangan daya. Manager PLN sektor Nagan Raya, Andi Makassau mengatakan Aceh kelebihan daya sebesar 100 megawatt. “Kelebihan daya ini kita sumbangkan untuk Sumatera Bagian Utara,” kata dia saat menerima kunjungan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf di PLTU Nagan Raya, Selasa (6/9/2016).
Saat ini kata Andi, total energi yang dihasilkan sejumlah pembangkit listrik di Aceh sebesar 459 megawatt yang tersebar di PLTU Nagan Raya 2×110 megawatt, PLTD Luengbata 32 megawatt, PLTD Pulo Pisang Sigli 11 megawatt, Cot Trueng 12 megawatt dan PLTMG Arun sebesar 184 megawatt.
“Dengan daya sebesar itu dan jika tidak terjadi gangguan maka Aceh memiliki cadangan energi sebesar 100 megawatt, selama ini cadangan tersebut kita salurkan ke Sumatera Bagian Utara,” terang Andi.
“jika selama ini masih terjadi pemadaman, hal tersebut bukan dikarenakan Aceh kekurangan daya tapi karena faktor gangguan jaringan atau pemeliharaan mesin,” demikian Andi Makassau.
Mendengar penjelasan itu, Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf mengaku optimis Aceh akan bebas pemadaman listrik pada tahun 2017. 
Muzakir Manaf menyarankan agar PLN dapat meminimalisir gangguan akibat dampak cuaca dan faktor alam lainnya dengan menggunakan teknologi canggih seperti yang diaplikasikan di Negara Malaysia.
“Jadi tidak semata kita pacu kapasitas energi, kita juga harus memperbaharui peralatan demi pelayanan maksimal kepada masyarakat, harapan kita Aceh harus aman dengan listrik,” pesan Muzakir Manaf. (Red)

To Top