Layanan Publik

Orang Aceh Paling Banyak Menonton TV untuk Akses Informasi

ACEHTERKINI.COM | Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, kebutuhan masyarakat akan media informasi dan sarana hiburan dirasakan semakin meningkat. Salah satu media massa yang paling banyak diminati masyarakat Aceh adalah televisi.

Berdasarkan Data Modul Sosial budaya dan Pendidikan (MSBP) Susenas Tahun 2015 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), 1 September 2016, tiga provinsi dengan persentase tertinggi yang menonton televisi adalah Provinsi Kepulauan Riau sebesar 97,88 persen, DKI Jakarta 97,76 persen dan Kepulauan Bangka Belitung 95,46 persen.

Orang Aceh Paling Banyak Menonton TV untuk Akses Informasi
Ilustrasi

Sementara itu, tiga provinsi yang persentasenya relatif cukup rendah adalah Provinsi Papua 37,67 persen, Nusa Tenggara Timur 48,05 persen, dan Maluku 70,28 persen.

Fakta ini semakin memperlihatkan bahwa penduduk yang berdomisili di wilayah Indonesia bagian barat memiliki tingkat keterpaparan informasi yang cukup tinggi.

Dilansir, Aleuhat (04/9/2016), Data BPS menyebutkan orang Aceh paling banyak menonton televisi untuk mengakses berbagai informasi jika dibandingkan surat kabar cetak, internet dan radio.

Persentase penduduk Aceh yang menonton televisi sebesar 84,80 persen, sedangkan akses untuk mendapatkan informasi dari media surat kabar cetak hanya 24,76 persen.

Data MSBP Susenas tahun 2015 juga menyebutkan orang yang mengakses internet di Aceh hanya 15,16 persen. Fakta ini mengakibatkan akses mendapatkan berita dari dunia maya 18,08 persen jika dibandingkan pendengar radio yang terus menurun  hanya 4,44 persen.

Media televisi masih unggul dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat Aceh jika dibandingkan surat kabar cetak, internet dan radio.

Namun perkembangan media internet di Indonesia terus meningkat. BPS mencatat dalam kurun waktu 2012 – 2015 pengguna internet di Indonesia meningkat dari 15,36 persen menjadi 33,56 persen. [Red]

To Top