Layanan Publik

LBH Banda Aceh Inisiasikan Qanun Pertanahan Aceh

LBH Banda Aceh Inisiasikan Qanun Pertanahan Aceh

ACEHTERKINI.COM | Yayasan Lembaga Batuan Hukum Indonesia-Lembaga Bantuan Hukum (YLBHI-LBH) Banda Aceh saat ini sedang fokus menangani permasalahan-permasalahan khususnya di bidang pertanahan.

YLBHI-LBH Banda Aceh berinisiatif  menyusun draft Qanun Aceh tentang Pertanahan yang nantinya akan diserahkan ke Gubernur Aceh maupun ke DPR Aceh. Penyusunan draf qanun pertanahan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan akses terhadap keadilan dan memperkuat penegakan hukum guna mendukung tata kelola lahan dan hutan yang lebih baik di Provinsi Aceh.

Riki Yuniangara, S.HI selaku Asisten Tenaga Ahli penyusunan draft Qanun Pertanahan mengatakan, draft beserta Naskah Akademik ini sebenarnya telah disusun oleh YLBHI-LBH Banda Aceh di tahun 2006, dan sekarang draft tersebut disempurnakan kembali agar adanya harmonisasi dengan peraturan perundang-undangan yang baru.

“ada beberapa poin-poin pasal yang terdapat draft qanun ini yang merupakan kekhususan di Aceh misalnya adanya penambahan jenis hak-hak atas tanah seperti hak tanah mawah, gala/garal, hak tanah masyarakat hukum adat,” kata Riki, Selasa (27/9/2016).

Dalam draft qanun pertanahan tersebut berinisiatif membentuk Komisi Pertanahan yang merupakan suatu lembaga independen yang diberi kewenangan dalam hal menyelesaikan konflik-konflik pertanahan yang kerap terjadi di Aceh.

Sementara itu, Kasubbag Qanun Aceh Biro Hukum Pemerintah Aceh Muhammad Junaidi, SH.,MH mengatakan, ada 3 (tiga) kewenangan Pemerintah Aceh di bidang pertanahan yang diatur dalam Pasal 144 (4), Pasal 213 (5) dan Pasal 214 (2) Undang-Undang Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh yaitu mengenai tata cara pemberian hak atas tanah, tata cara pelepasan hak tanah dan tata cara pemberian Hak Guna Usaha (HGU) dan Hak Bangunan (HGB).

“Ketiga kewenangan tersebut diharapkan dapat dimasukkan ke dalam draft Qanun Pertanahan yang saat ini sedang disusun oleh YLBHI-LBH Banda Aceh,” Ungkap Junaidi. [Ril]

To Top