Sosial

Inmemroial Singkat HARDIKDA Aceh, Bulan September Rektor IAIN dan Unsyiah Ditembak

ACEHTERKINI.COM | Peristiwa 16 tahun yang silam itu masih dalam ingatan. Kenapa tidak, ada dua orang tokoh intelektual Aceh tewas ditembak oleh orang tidak dikenal. Dua akademisi itu adalah Profesor Safwan Idris, Rektor IAIN Ar-Raniry dan Profesor Dayan Dawood, Rektor Unsyiah. Peristiwa yang membuat Aceh berduka terjadi pada Bulan September.

Catatan acehterkini di Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) 2 September 2016, Profesor Safwan Idris tewas ditembak orang tak dikenal pada Sabtu, 16 September 2000 pagi. Almarhum ditembak setelah melaksanakan Shalat Subuh. Dalam hitungan menit, berita meninggalnya Ulama Aceh ini tersebar di seantero Aceh. Profesor Safwan Idris lahir di Gampong Siem, Aceh Besar 5 September 1949.

Ilustrasi

Ribuan orang datang berbondong-bondong melayat ke rumah duka di Kompleks Perumahan Dosen IAIN Darusssalam. Profesor Safwan Idris disemayamkan di rumah orang tuanya Teungku Idris di kawasan Lamnyong. Almarhum meninggalkan seorang istri dan empat orang anak-anaknya.

Satu tahun berikutnya, Aceh kembali berduka. Pada tanggal 6 September 2001 siang, Profesor Dayan Dawood juga tewas ditembak orang tak dikenal saat dalam perjalanan pulang di Jalan T. Nyak Arief Banda Aceh. Profesor Dayan Dawood disemayamkan di pemakamam keluarga Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar pada hari Jum’at 7 September 2001. [Red]

To Top