Hukum

Ganja dan Pemiliknya Terjaring Razia Polisi di Abdya

ACEHTERKINI.COM | Warga Desa Padang Sikabu, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berinisial AS (20) harus berurusan dengan Polisi karena membawa 3 kilogram ganja kering yang tertangkap saat Satuan Polisi Lalulintas Polres Abdya menggelar razia rutin di Jalan Nasional, Desa Genang, Kecamatan Babahrot, kabupaten setempat, Kamis (1/9/2016) sekitar pukul 16.30 Wib.

Petugas menemukan ganja kering itu, setelah memeriksa tas yang dibawa oleh tersangka. Salah satu personel Sat Lantas Polres Abdya meminta kepada tersangka untuk membuka tas yang dibawa oleh AS. Dengan pasrah tersangka tidak melawan, malah lansung mengakui kalau ia sedang membawa ganja.

Ganja dan Pemiliknya Terjaring Razia Polisi di Abdya
Ilustrasi

“kita sudah serahkan tersangka beserta barang bukti ke pihak Satuan Reserse Narkoba Polres Abdya untuk diproses lebih lanjut,” kata Kasat Lantas Polres Abdya Iptu Rj Agung Pratomo SIK, Jumat (2/9/2016).

Sementara itu, Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH melalui Kasat Narkoba Ipda Rizal Firmansyah SE, membenarkan AS warga Padang Sikabu, Kecamatan Kuala Batee tertangkap karena memiliki ganja seberat 3 kilogram.

Dijelaskanya, dalam tas tersangka petugas menemukan 3 (tiga) ikat ganja ukuran besar dan satu ikat ukuran kecil dengan berat sekitar 3 kilogram. “Saat ini tersangka sudah kita amankan berikut barang bukti berupa ganja dan sepeda motor yang digunakan untuk membawa ganja itu,” tutur Rizal.

Berdasarkan keterangan awal dari tersangka, lanjut Rizal, ganja tersebut di dapat dengan cara dibeli dari seorang temannya berinisial TM (40) warga Desa Blang Meurandeh, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya dengan harga Rp.1.050.000.

“Terkait dengan keterangan dari tersangka, kita terus melakukan pengembangan, termasuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian di Nagan Raya,” jelasnya.

Lebih lanjut, kepada tersangka akan dikenakan Undang-Undang nomor 35 pasal 111 ayat 1 dan 2 tentang Narkotika, maksimal hukuman penjara seumur hidup atau 15 tahun. “Kita akan terus memburu para pelaku yang kedapatan menggunakan narkoba baik bandar, pengedar, kurir bahkan pemakai, agar Abdya aman dari narkoba,” demikian singkatnya. (Rizal)

To Top