Sosial

Dua Orang Meninggal, 44 Jamaah Haji Pulang ke Abdya

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 44 jamaah haji asal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (kloter) 4 dan 7 telah tiba kembali di kampung halamannya masing-masing, Jumat (23/9/2016) pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Sebelum pulang kerumah masing-masing, para jamaah haji tersebut disambut Bupati Abdya Jufri Hasanuddin di Pendopo.

Sebagaimana diinformasikan, Dari 46 Jamaah Calon Haji (JCH) Abdya yang berangkat pada Kamis (11/8/2016) lalu, 2 diantaranya meniggal dunia karena sakit yakni Khadijah Nur binti H Imam Nurdin (66) yang tergabung dalam Kloter 4, warga Desa Tengah, Kecamatan Manggeng, meninggal Senin (15/8/2016) pukul 15.58 WAS (Waktu Arab Saudi) di RS King Abdul Aziz Madinah, dan dimakamkan di Madinah.

Dua Orang Meninggal, 44 Jamaah Haji Pulang ke Abdya
Bupati Abdya, Jufri Hasanuddin Menyambut Kepulangan Jamaah Haji, Jum,at 23 September 2016

Kemudian, H Alidin bin Ajam Maksyam (80), tergabung Kloter 7 BTJ Aceh, warga Desa Pasar Kota Bahagia, Kecamatan Kuala Batee, meninggal di sebuah rumah sakit di Mekkah pada Jumat (16/9/2016) pukul 10.00 WAS atau pukul 14.00 WIB.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) pada Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Abdya, Muhammad Yatim MA mengatakan, sebanyak 44 jamaah haji Abdya telah tiba kembali di kampung halamannya masing-masing. Sejumlah jamaah haji tersebut tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, pada Kamis (22/9/2016) sekitar pukul 14.00 WIB.

Selanjutnya para jamaah haji dijemput oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya dengan menggunakan 2 unit bus yang mendapat pengawalan dari kendaraan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Abdya.

Dikatakan Muhammad Yatim, proses penyambutan tamu Allah itu berlangsung di pendopo bupati di Jalan Nasional, Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie yang di hadiri sejumlah kepala SKPK dan puluhan keluarga jamaah.

Amatan dilapangan, suasana haru sempat mewarnai proses penyambutan jamaah, begitu turun dari bus, jamaah dan keluarga yang sedang menunggu di pendopo bupati saling berpelukan serta meluapkan perasaan haru.

“Alhamdulillah, jamaah haji asal Abdya telah tiba dengan selamat, meskipun 2 diantaranya telah berpulang kerahmatullah. Kita berharap kepada keluarga yang ditinggalkan untuk selalu tabah dalam menghadapi cobaan ini,” demikian tuturnya. [Rizal]

To Top