Layanan Publik

Data Pemilih Potensial di Banda Aceh 181.819 Orang, KIP Lakukan Coklit

ACEHTERKINI.COM | Salah satu keakuratan data pemilih Pemilu sangat ditentukan oleh hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di setiap TPS.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota  Banda Aceh, Munawar Syah mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari 5 s/d 6 September 2016 di Aula Balai Wali Kota Banda Aceh.

“Untuk saat ini, KIP Banda Aceh sudah menerima daftar pemilih petensial pemilu dari Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) sebanyak 181.819 orang,” kata Munawar Syah, Selasa (6/9/2016)

“Setelah coklit ini selesai dilakukan oleh PPDP maka data tersebut akan diserahkan kepada PPS untuk diverifikasi lebih lanjut, kemudian PPS diberikan waktu 7 (Tujuh) hari menyiapkan data dan memberikannya kepada PPK untuk direkapitulasi, lalu KIP akan melakukan pleno seluruh data yang telah direkapitulasi selama dua hari, dan menetapkan daftar pemilih sementara,” lanjut Munawar Syah.

Munawar Syah juga mengharapkan kepada seluruh penyelenggara Pilkada Banda Aceh tahun 2017 harus bertanggung jawab atas amanah yang telah diemban sehingga mendapatkan hasil terbaik.

Pokja Pemutakhiran Data Pemilih, Aidil Azhary mengatakan Bimbingan Teknis ini, dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada PPDP memutakhirkan Data Pemilih melalui pencocokkan dan penelitian.

“Setelah pemilih didaftarkan, PPDP akan memberikan  tanda terima serta menempel stiker per KK disetiap rumah sebagai tanda bukti telah didaftarkan sebagai pemilih Pilkada 2017,” ujar Aidil Azhary. [Ril]

To Top