Peristiwa

Cabang Pohon Beringin Itu Patah, Rumah dan Restoran Menjadi Korban

ACEHTERKINI.COM | Cabang dan ranting pohon beringin jenis trans besi patah hingga menimpa atap tiga unit rumah di komplek Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) dan atap bagian belakang restoran rumah makan di Desa Pasar, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya, Aleuhat (4/9/2016) sekitar pukul 18.15 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Dari hasil informasi yang diterima wartawan, Senin (5/9/2016), tiga unit rumah semi permanen di komplek Kodim tersebut belum ada penghuninya karena sedang dalam proses pekerjaan akhir.

Cabang Pohon Beringin Itu Patah, Rumah dan Restoran Menjadi Korban
Cabang dan Ranting Pohon Beringin Patah di Abdya

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya Amiruddin mengatakan, proses pembersihan terus dilakukan pihaknya sejak minggu malam hingga Senin. Selain menggunakan mesin pemotong kayu, pihaknya juga menurunkan satu unit alat berat untuk mengangkat potongan kayu besar.

“Kita sedang berupaya melakukan pembersihan. Padahal, saat itu angin tidak terlalu kencang. Bisa jadi karena usia pohon itu yang sudah mencapai ratusan tahun,” kata Amir.

Rusdi, salah satu warga yang dijumpai wartawan saat menyaksikan patahnya cabang pohon itu, mengatakan, usia pohon ini tergolong sudah sangat tua hingga mencapai ratusan tahun. Bahkan, sebelum padatnya penduduk di pusat kota Blangpidie ini, pohon tersebut memang sudah berdiri kokoh.

“Tak heran, kalau pohon raksasa itu patah cabangnya, karena akar pada pohon itu sudah berlobang,” kata warga

Menurutnya, satu cabang telah patah, bisa saja cabang-cabang lainnya juga akan ikut patah. Maka dari itu pemerintah perlu memikirkan solusinya agar pohon beringin itu tidak memakan korban nantinya. (Rizal)

To Top