Layanan Publik

Bupati Aceh Tengah Resmikan Pembukaan Akses Jalan

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin meresmikan pembukaan akses jalan melalui kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-97 di Lapangan Bola Desa Kute Riyem, Kecamatan Linge, Selasa (20/9/2016).

“Jalan yang akan dibuka dapat membawa manfaat khususnya memperlancar akses transportasi dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Nasaruddin.

Nasaruddin menjelaskan pembukaan akses jalan yang dikerjakan sepanjang 11,7 kilometer dengan lebar 12 Meter, yang menghubungkan akses jalan alternatif dari Desa Glumpang Gading Kecamatan Linge ke Desa Lelumu Kecamatan Pegasing.

Bupati Aceh Tengah Resmikan Pembukaan Akses Jalan
Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin Meresmikan Pembukaan Jalan Gading – Lelumu

Sementara total panjang ruas Gading-Lelumu 12 Kilometer melewati 4,5 Area Penggunaan Lain (perkebunan/tanah masyarakat), kemudian 3,5 Kilometer masuk dalam kawasan Hutan Produksi dan 4 Kilometer dalam kawasan Hutan Lindung.

Menurut Nasaruddin, lahan yang masuk kawasan hutan sedang dilakukan proses pinjam pakai dan pihaknya pada awal September lalu sudah melakukan pembicaraan untuk percepatan izin tersebut dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Pembukaan jalan ini adalah tahap awal dan perlu terus direncanakan berikutnya untuk mempercepat akses Takengon-Isaq yang selama ini masih ditempuh dengan kisaran jarak 34 Kilometer melalui Bur Lintang.  Jika jalan yang mulai dibuka ini selesai nantinya jarak Takengon-Isaq hanya berkisar 22 Kilometer dengan jalan yang lebih landai, relatif lurus dan aman,” jelas Nasaruddin.

“Dengan program pembukaan jalan yang dilakukan oleh TNI ini dapat berjalan dengan baik, begitu juga kepada masyarakat terutama yang berdomisili atau berkebun disekitar lokasi kegiatan TMMD dapat bersinergi untuk mendukung kesuksesan program ini,” pungkasnya.

Kegiatan TMMD dilaksanakan selama satu bulan sejak 20 September – 19 Oktober 2016. Kegiatan itu melibatkan anggota Kodim 0106 Aceh Tengah – Bener Meriah.

TMMD tahun 2016 kali ini mengusung tema “Dengan Semangat Kemanunggalan Serta Kerjasama lintas Sektoral dan lintas Komponen Bangsa Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan Di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”. [Edi]

To Top