Ekonomi

Alamak… Utang Perusahaan Tambang di Aceh Rp 41 Miliar

ACEHTERKINI.COM | LSM Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh menemukan ada 128 perusahaan tambang yang telah mengantongi IUP di 14 kabupaten kota di Aceh masih berutang kepada Pemerintah Aceh.

Kepala Divisi Advokasi Korupsi GeRAK Aceh, Hayatuddin Tanjung, Jum’at (23/9/2016) mengatakan, utang perusahaan tambang itu sebesar Rp 41 miliar.

Alamak... Utang Perusahaan Tambang di Aceh Rp 41 Miliar
Hayatuddin Tanjung, LSM GeRAK Aceh

“Data ini merupakan akumulasi dari seluruh total data tunggakan yang dihitung secara langsung oleh Distamben Aceh pertanggal 1 september 2016, dan atas fakta dan kondisi ini pemerintah Aceh dirugikan secara langsung oleh perusahaan tambang tersebut,” kata Hayatuddin Tanjung dalam keterangan tertulisnya.

“Kami menilai adanya kelemahan dalam melakukan pengawasan terhadap kewajiban dari perusahaan tambang sehingga tunggakan PNBP ini terjadi,” katanya seraya mendesak Pemerintah Aceh menagih piutang PNBP yang belum dibayar tersebut.

14 kabupaten kota yang dimaksud GeRAK tersebar di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Tengah, Kota Subulussalam dan Aceh Singkil. [Red]

To Top