Sosial

Aceh Tertinggi Menyelenggarakan Upacara Adat Keagamaan di Indonesia

ACEHTERKINI.COM | Upacara adat adalah bentuk tradisi yang sudah bersifat turun menurun secara teratur menurut adat dan kebiasaan masyarakat sebagai ungkapan rasa terima kasih.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan Provinsi Aceh termasuk daerah paling tertinggi di Indonesia yang menyelenggarakan adat – adat keagamaan.

Hasil Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2015 dikeluarkan 1 September 2016, BPS mencatat persentase rumah tangga yang menyelenggarakan upacara adat keagamaan tertinggi ada di Provinsi Aceh 77,68 persen. Kemudian disusul Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Bali.

Aceh Tertinggi Menyelenggarakan Upacara Adat Keagamaan di Indonesia
Tradisi Peusijuek di Aceh [Foto : mjcnews]

Dilansir laman BPS, Aluehat (4/9/2016), ada beberapa jenis penyelenggaraan adat yang masih berkembang di beberapa daerah. Jenis upacara adat tersebut masih ada karena masyarakat masih memegang teguh adat istiadat para leluhur.

Jenis upacara adat keagamaan paling dominan dilakukan di Provinsi Aceh 77,68 persen. Kemudian upacara adat panen disektor pertanian dan kelautan, adat kelahiran, kematian, perkawinan dan adat sunatan.

Sementara itu, persentase rumah tangga yang menghadiri upacara adat di Aceh paling dominan hadir pada acara-acara pesta perkawinan 92,03 persen. Kemudian orang Aceh juga banyak menghadiri acara adat kematian, keagamaan, sunatan dan adat kelahiran. [Red]

To Top