Kesehatan

3 Balon Wakil Bupati Abdya Gugur di Tes Kesehatan

3 Balon Wakil Bupati Abdya Gugur di Tes Kesehatan

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak tiga bakal calon (Balon) Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) dinyatakan tidak lulus tes kesehatan oleh tim medis Rumah Sakit Umum Zainul Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Balon Wakil Bupati yang tidak lulus itu, Sulaiman Adami SP pasangan Balon Bupati Ir M. Fakruddin yang maju dari Partai Politik (Parpol). Kemudian Masrizal SE MSi, wakil dari pasangan H Junaidi yang maju dari jalur perseorangan (Independen).

Selanjutnya, H Burnisal SE MM merupakan pasangan Balon Bupati Tgk H Muhammad Qudusi Syam Marfaly juga maju dari jalur perseorangan.

“Setelah diserahkan hasil tes kesehatan itu kepada para kandidat, sebanyak 3 balon wakil dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk lulus dalam tes kesehatan, kata Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya, Elfiza SH MH kepada wartawan, Jumat (30/9/2016) sore.

Dikatakan Elfiza, semua pasangan balon telah menerima hasil tes kesehatan dari RSUZA, dan khusus calon yang tidak lulus pihaknya sudah meminta kepada partai pengusung dan tim pemenangan balon dimaksud untuk segera menyerahkan balon pengganti.

“Balon pengganti itu sudah kita terima paling lambat sebelum tanggal 4 Oktober, dan akan kita jadwalkan segera untuk tes kesehatan dan uji mampu baca Alquran. Jika sampai batas waktu yang ditentukan belum juga menyerahkan balon pengganti, maka mereka dianggap gugur,” ujarnya.

Secara terpisah, sebelumnya Wakil Direktur RSUD Zainal Abidin, Nurhikmah saat berada di Kantor KIP Aceh untuk menyerahkan hasil tes kesehatan 187 calon kepala daerah di Aceh mengatakan, di Abdya ada dua orang yang tidak melakukan tahapan tes kesehatan yaitu M. Fakhruddin dan Burnisal.

“Fakhruddin tidak hadir, tapi kalau Burnisal tidak menyelesaikan semua tahapan pemeriksaan kesehatan,” kata Nurhikmah.

Selain tes kesehatan, tambah Elfiza, dari sembilan balon Bupati dan 10 balon wakil bupati yang mengikuti tes uji mampu baca Al-Qura di Mesjid Baitul Adhim, Blangpidie pada Rabu (28/9/2016) itu, dewan juri telah memutuskan bahwa mereka lulus semuanya meskipun terdapat nilai yang bervariasi.

“Walaupun mereka (3 balon Wabup) lulus tes uji mampu baca Al-Quran, tetap harus mencari penggantinya, karena mereka tidak lulus tes kesehatan,” demikian singkatnya. (Rizal)

To Top