Kesehatan

180 Pasangan Calon Kepala Daerah di Aceh Tes Kesehatan

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 180 Pasangan Calon Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota di Provinsi Aceh dari 20 kabupaten kota dan satu provinsi mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Abidin Banda Aceh, Sabtu, (24/9/2016).

Tes kesehatan untuk Bakal Calon Kepala Daerah ini merupakan kerjasama antara Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu, 24-25 September 2016.

180 Pasangan Calon Kepala Daerah di Aceh Tes Kesehatan
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf – TA Khalid Mengikuti Tes Kesehatan

Sebelum diambil sampel darah, Bakal Calon Kepala Daerah ini dianjurkan untuk berpuasa. Kemudian setelah diambil sampel darah, peserta menuju ke ruang kesehatan fisik dengan baju khusus yang telah disiapkan pihak Rumah Sakit.

Setelah itu tim akan mengambil sampel darah kedua setelah dua jam makan dan minum. Selanjutnya peserta akan dites  Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI)  yaitu tes kesehatan jiwa. Kemudian tes terakhir adalah pengambilan sampel urin di Diklat RSUD Zainal Abidin Banda Aceh.

Salah seorang panitia, dr. Iskandar mengatakan, tes kesehatan bagi Bakal Calon Kepala Daerah ini berlangsung hingga sore hari. “Pemeriksaannya berlaku nomor urut. Karena ada 180 pasangan calon maka harus antrian, jadi harus dibagi kelompok,” kata dia saat memberikan pengarahan di Aula RSUDZA tadi pagi.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan di Ruang Auditorium RSUDZA, Poliklinik dan Radiologi serta Gedung Diklat RSUDZA lantai I dan II.

Hari pertama sebanyak empat Pasangan Calon Gubernur Aceh mengikuti tes kesehatan yaitu Muzakir Manaf – TA Khalid, Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah, Zakaria Saman – T. Alaidinsyah dan Tarmizi Karim – Maksalmina.

Sedangkan untuk Bakal Calon Zaini Abdullah – Nasaruddin dan Abdullah Puteh – Sayed Mustafa Usab dijadwalkan Minggu, 25 September 2016 pagi. [Firman]

To Top