Lingkungan

Yayasan Scorpion Apresiasi Pemerintah Tangani Penyeludupan Burung Sumatera

ACEHTERKINI.COM | Yayasan Scorpion Indonesia sangat mengapresiasi tindakan jajaran pemerintah termasuk BKSDA Bengkulu, Kepolisian dan Karantina Pertanian, yang melakukan tindakan cepat melepaskan burung hasil sitaan.

Dengan tindakan cepat itu, kematian masal burung bisa dihindari. Apresiasi Scorpion itu disampaikan Direktur Yayasan Scorpion, Gunung Gea dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/8/2016).

Pelepasan itu dilakukan di Taman Hutan Raya (TAHURA) Wan Abdurrahman di Bandarlampung setelah terlebih dahulu melalui proses pemeriksaan kesehatan di karantina di Bandarlampung.

Yayasan Scorpion Apresiasi Pemerintah Tangani Penyeludupan Burung Sumatera
Kondisi Pasar 16 Ilir, Palembang [Foto : Yayasan Scorpion]

BKSDA dan pihak karantina di Bandarlampung telah membuktikan bahwa pemeriksaan kesehatan burung sebanyak itu dapat dilakukan dalam satu hari.

Direktur Yayasan Scorpion, Gunung Gea mengatakan Yayasan Scorpion menilai tindakan yang cepat itu telah menyelamatan banyak burung.

Pemerintah menggagalkan penyeludupan dari pulau Sumatera menuju pulau Jawa melalui pelabuhan Bekauheni di Bandarlampung pada hari Rabu malam (24/08/016), dan burung dilepaskan kembali ke alam pada besok harinya Kamis.

Direktur Yayasan Scorpion, Gunung Gea menambahkan keputusan BKSDA Bengkulu SKW III untuk melepaskan burung sitaan itu dengan segera adalah merupakan suatu keputusan yang sangat bijaksana, dan berpihak pada upaya penyelamatan burung liar.

Tindakan yang cepat seperti ini perlu diikuti oleh kantor-kantor BKSDA lainnya di seluruh Indonesia untuk menghindari kehilangan banyak burung liar. [Ril]

To Top