Ekonomi

“Uang NAD Diberikan Lagi Jika Irwandi Yusuf jadi Gubernur Aceh”

ACEHTERKINI.COM | Harapan ini menjadi perbincangan hangat di warung kopi. Uang NAD yang pernah dialokasikan saat Irwandi Yusuf menjadi Gubernur Aceh 2007 – 2012 menjadi harapan bagi para guru.

“Kalau mau uang NAD diberikan lagi, ya pilih Irwandi Yusuf,” kata salah seorang guru yang tidak mau ditulis namanya karena takut disebut-sebut ikut berpolitik.

Ditelusuri acehterkini dari berbagai sumber, uang NAD itu dikenal sebagai dana kesejahteraan guru yang bersumber dari bagi hasil Migas Aceh. Uang sebesar Rp2,2 juta per orang per tahun itu diberikan sejak masa Irwandi Yusuf menjadi Gubernur Aceh.

“Uang NAD Diberikan Lagi Jika Irwandi Yusuf jadi Gubernur Aceh”
Ilustrasi

Uang NAD itu mulai dialihkan alokasinya pada tahun 2014 masa Gubernur Aceh, Zaini Abdullah – Muzakir Manaf untuk program-program peningkatan mutu guru.

Pemerintah Aceh mengalokasikan dana sekitar Rp 170 miliar per tahun untuk diberikan kepada lebih kurang 80 ribu guru di bawah dinas pendidikan dan kementerian agama di Aceh.

“Kalaupun Migas tidak ada lagi, bisa saja-kan Pemerintah Aceh mengalihkan dana hibah Bansos untuk kesejahteraan guru,” kata guru-guru itu berharap.

Para guru itu berharap jika Irwandi Yusuf atau siapa saja terpilih sebagai Gubernur Aceh pada Pilkada 2017 mendatang, uang kesejahteraan guru dapat dialokasikan kembali dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA). [Red]

To Top