Peristiwa

TNI AL Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut di Aceh Singkil

ACEHTERKINI.COM | Pos TNI Angkatan Laut (AL) Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut Perairan Pulau Banyak di jarak satu mil dari bibir pantai, dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Pengibaran merah putih di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut ini, dipimpin langsung oleh Komandan Posal Pulau Banyak Letda Laut (E) Prabowo selaku Inspektur Upacara dengan melibatkan 14 orang anggota dari SAR dan Club Penyelam.

“Kami membentuk Tim yang terdiri dari TNI AL, Basarnas dan Club Penyelam yang tergabung dalam kegiatan pengibaran bendera di bawah laut, mereka memang memiliki kemampuan dan kualifikasi di bidang menyelam,” kata Danposal Pulau Banyak Letda Laut (E) Prabowo SH di Aceh Singkil, Rabu (17/8/2016).

TNI AL Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut di Aceh Singkil
TNI AL bersama SAR dan tim penyelam mengibarkan bendera merah putih di dasar laut Pulau Banyak

Prabowo menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan pengibaran sang saka merah putih di dasar laut ini tidak lain untuk mengenang jasa para pahlawan, dengan harapan nantinya dapat tumbuh dalam semangat juang anak bangsa serta menjalin solidaritas besama komunitas penyelam.

“Dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah semangat cinta tanah air dan bela negara serta dapat memperkenalkan potensi wisata di karenakan Aceh Singkil memiliki banyak obyek wisata bahari yang sangat perlu kita kenalkan ke khalayak umum,” Papar Prabowo.

Sementara itu, Dwi Hetno selaku KoorPos SAR Simelue menyebutkan kegiatan pengibaran bendera didasar laut adalah dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 71 serta mewakili keluarga besar dari BASARNAS.

TNI AL Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut di Aceh Singkil

Disamping itu, dengan pengibaran bendera didasar laut ini juga diharapkan dapat mempromosikan potensi wisata Pulau Banyak kepada khayalak ramai, dan sebagai jalan sosialisasi kepada masyarakat Pulau Banyak khususnya, untuk merawat dan menjaga ekosistem laut agar keseimbangan terjaga.

Ia berharap agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, dan seluruh unsur yang terkait hendaknya dapat mendukung sepenuhnya.” Kegiatan ini merupakan hikmah tersendiri bagi saya karena ini merupakan pengalaman yang sangat berarti,” Sebutnya.

Aksi Pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh Jajaran TNI AL ini  dilaksanakan setelah  pelaksanaan upacara  pengibaran Sang Merah Putih bertempat di lapangan Marapala Desa Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil dan diikuti penuh hikmad oleh seluruh peserta Upacara. (Jamaluddin)

To Top