Layanan Publik

Tahun Ini Komisioner KKR Aceh Mulai Bekerja, Ini Tugasnya …

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Zaini Abdullah memastikan dalam tahun 2016 ini Komisioner Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh mulai bekerja.

“Saya senang sekali terbentuknya KKR Aceh yang didahului dengan penetapan Qanun Aceh Nomor 17 Tahun 2013 Tentang KKR Aceh,” ujar Zaini Abdullah pada peringatan 11 tahun MoU Helsinki di Taman Sultanah Safiatuddin, Senin (15/8/2016).

Menurut Gubernur Aceh pembentukan KKR Aceh adalah suatu bukti penghormatan terhadap hak asasi manusia yang semakin meningkat. “Pelantikan komisionernya sedang dalam proses, tahun ini komisioner KKR Aceh sudah mulai bekeja,” kata Gubernur Aceh, Zaini Abdullah optimis.

Tahun Ini Komisioner KKR Aceh Mulai Bekerja, Ini Tugasnya ...
Ilustrasi

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Aceh di DPR Aceh, Kausar mengatakan, KKR Aceh sudah terbentuk, harapan bisa cepat bekerja. “Ruang lingkup KKR Aceh ini bukan untuk mengadili korban dan bukan juga untuk mengungkit masa lalu tapi hasilnya ada upaya mengucapkan maaf dan negara bertanggungjawab terhadap semua kerugian yang dialami korban,” terang Kausar di 3in1 cafe, Senin (15/8/2016).

Hal yang sama juga disampaikan Wakil DPR Aceh, T. Irwan Djohan. Politisi Partai Nasdem ini mengatakan DPR Aceh telah memberikan konstribusi bagi pembangunan Perdamaian Aceh di masa depan. Salah satu upaya DPR Aceh adalah pembentukan KKR Aceh.

“Semoga KKR Aceh bisa berfungsi dengan baik untuk mengungkapkan seluruh peristiwa yang terjadi dimasa konflik Aceh, tujuannya bukan untuk menghukum, menghakimi orang yang terlibat tapi untuk mengungkapkan yang selama ini masih menghantui masyarakat Aceh, kalau masih ada dendam yang belum terobati maka bisa berbahaya untuk Aceh masa depan,” demikian Irwan Djohan. [Red]

To Top