Sosial

September, 27 Anggota Panwaslihcam Abdya Mulai Bertugas

ACEHTERKINI.COM | Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) telah mengumumkan hasil seleksi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwaslihcam) untuk sembilan kecamatan dalam kabupaten setempat yang akan dilantik pada awal bulan September 2016 nanti.

Devisi Organisasi dan SDM Panwaslih Abdya Wildan SPdI, Rabu (24/8/2016) menjelaskan, dari 72 peserta yang ikut tes wawancara pada tanggal 19-20 Agustus lalu, sebanyak 27 peserta dinyatakan lulus dalam tes itu, sementara 27 lainnya masuk dalam kategori cadangan. Sementara 18 orang lainnya dinyatakan tidak lulus.

Mereka yang lulus itu, akan bertugas di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Abdya. “Masing-masing kecamatan ditugaskan 3 orang. Mereka ini akan membantu tugas Panwaslih Abdya dalam rangka mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 nanti,” ungkapnya.

Sebelumnya, lanjut Wildan, dari 154 peserta yang mendaftar ke Sekretariat Panwaslih di Desa Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie, hanya sekitar 149 peserta yang mengembalikan formulir, kemudian dari jumlah tersebut, sebanyak 135 peserta yang lulus dalam seleksi administrasi, sementara 14 lainnya tidak cukup syarat. “Rata-rata yang gugur itu tidak cukup umur, karena batas usia sudah ditentukan yakni minimal 30 tahun,” terang Wildan.

Selanjutnya, pada Senin (15/8/2016) lalu, pihaknya telah mengadakan ujian tes tulis untuk 135 peserta yang lulus seleksi administrasi di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Blangpidie. Namun 12 peserta tidak hadir untuk mengikuti tes tersebut.

Lalu pada Selasa (17/8/2016), pihaknya telah menempelkan pengumuman kelulusan hasil tes tulis disetiap kantor kecamatan untuk 72 peserta dan sebanyak 51 peserta lainnya dinyatakan tidak lulus.

“Untuk hari pertama Jum’at (19/8/2016) kita melakukan tes wawancara untuk peserta yang tinggal di Kecamatan Babahrot, Kuala Batee, Jeumpa dan Susoh. Selanjutnya hari kedua, Sabtu (20/8/2016) kita melakukan tes wawancara untuk Kecamatan Blangpidie, Setia, Tangan-Tangan, Manggeng dan Lembah Sabil, dan kita sudah mengumumkan hasilnya,” jelas Wildan.

Wildan mengemukakan, kalau hasil pengumuman tes wawancara untuk puluhan peserta tersebut telah diumumkan pada Senin (22/8/2016) lalu. Pihaknya mengeluarkan hasil pengumuman untuk 27 peserta lulus dan 27 peserta sebagai cadangan. “Namun yang pastinya akan bertugas untuk masing-masing kecamatan sebanyak 3 orang,” tuturnya lagi.

Dipastikan, tambah Wildan, pihaknya akan melakukan pelantikan sekitar awal bulan September 2016 nanti. Seiring dengan itu, pihaknya juga akan mengadakan acara bimbingan teknis (Bintek) untuk 27 peserta Panwaslihcam yang sudah lulus.

“Kita belum bisa memastikan waktunya, yang jelas awal bulan September nanti sejumlah peserta Panwaslihcam yang telah lulus sudah dilantik dan mulai bertugas,” demikian Wildan. (Rizal)

To Top