Peristiwa

Sempat Terapung Ditengah Laut, Kapal Milik Warga Aceh SIngkil Ini Selamat

ACEHTERKINI.COM | Satu Unit Kapal KM Jaya Kapasitas 10 GT milik Okto Derita Gea Warga Kampung Ujung Sialit kecamatan Pulau Banyak Barat kabupaten Aceh Singkil dilaporkan sempat menghilang selama dua hari di perairan Pulau Banyak – Nias.

Selain membawa sekitar 14 orang penumpang, Kapal ini juga membawa muatan jenis Kopra dan ikan hasil olahan warga untuk dipasarkan ke Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara.

Koordinator SAR Simeulue, Dwi Hetno ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kapal milik warga ujung sialit yang hilang dalam perjalanan menuju Nias dikarenakan kapal tersebut mengalami kerusakan pada bagian Mesin sehingga mengakibatkan mesin kapal tidak berfungsi normal dan terombang-ambing disekitar perairan Pulau Banyak – Nias.

Sempat Terapung Ditengah Laut, Kapal Milik Warga Aceh SIngkil Ini Selamat
Kapal KM Jaya Milik Warga Ujung Sialit Aceh Singkil 

“Kami baru mengetahui adanya kapal milik warga ujung sialit yang mengalami kecelakaan dikarenakan lost contact di perairan P. Banyak – Nias, setelah mendapatkan laporan dari Camat Pulau Banyak Barat pada Sabtu 20 Agustus 2016 sekitar pukul 10.27 WIB,” ungkap Dwi.

Ia menjelaskan kapal atau boat milik warga itu berangkat dari kampung Ujung Sialit Kecamatan pulau Banyak Barat pada Jum’at 19 Agustus 2016 sekitar Pukul 09.00 WIB hendak menuju Nias Provinsi Sumatera Utara.

Pasca kejadian tersebut pihak Pos SAR Simeulue sudah berkoordinasi dengan Pos SAR Nias dan Sibolga dalam rangka untuk pencarian dan penyelamatan terhadap korban.

Sampai dengan saat ini baru mendapat informasi  dari nelayan Nias, boat tersebut sempat terlihat di perairan Pulau Dundung (perairan perbatasan Singkil dengan Sibolga).

Selanjutnya, Pada sabtu 20 Agustus 2016 Pukul 15 .00 WIB kapal berikut 14 orang penumpang yang dikabarkan sempat hilang akhirnya berhasil ditemukan oleh Tim SAR dari Simelue dalam keadaan selamat dan saat ini sedang proses perjalanan.

” Saat kapal ditemukan, posisi kapal ini berada di sekitar dekat Pulau Sarang Baung perairan Nias, tidak ada korban dalam insiden ini ,” demikian ungkap Dwi. (Jamaluddin)

To Top