Sosial

Rumah Warga Dihantam Angin Kencang, BPBK dan Dinsos Abdya Dinilai Lamban

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah rumah warga di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diterpa angin kecang dalam beberapa hari ini. Dengan kejadian itu, sejumlah masyarakat menilai kalau penanganan dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) dan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) setempat lamban.

Penilaian itu dikemukakan oleh beberapa warga yang melihat lansung sejumlah kejadian musibah akibat angin kencang, seperti halnya dua unit rumah penduduk di Desa Blang Makmur, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Abdya, pada Rabu (17/8/2016), sekitar Pukul 18.00 WIB diterbangkan atap rumahnya.

Rumah Warga Dihantam Angin Kencang, BPBK dan Dinsos Abdya Dinilai Lamban
Rumah Halimatun warga Abdya dihantam angin kencang

Kepala Desa Blang Makmur, Haris, Kamis (18/8/2016) mengatakan, atap rumah milik Kasman (37) dan Hasan T (39) diterbangkan angin kencang. “Kedua rumah itu sudah tidak bisa ditempati lagi sehingga pemiliknya mengungsi ke rumah saudara terdekat,” kata Haris.

Dengan kejadian itu, lanjut Haris, pihaknya sudah melaporkan pada instansi terkait guna ditindak lanjuti. Namun, hingga saat ini, baik BPBK maupun Dinsosnakertrans Abdya belum turun ke lokasi dalam menanggapi laporan pihaknya. “Sangat lamban, harusnya mereka pro aktif dalam merespon musibah warga,” sesal Haris.

Hal serupa juga terjadi beberapa waktu lalu di Desa Mesjid, Kecamatan Tangan-Tangan. Dimana satu unit rumah milik Halimatun (35), Sabtu (13/8/2016) roboh ditimpa pohon jengkol akibat angin kencang. Berselang dua hari, rumah milik Syahrul (40) di Desa Panton Makmur, Kecamatan Manggeng juga tertimpa pohon kelapa yang disebabkan angin kencang.

“Dinas sangat lamban memberikan bantuan, padahal urusan kemanusian seperti itu harus didahulukan,” kata seorang warga di Kecamatan Manggeng.

Sementara itu, Kepala BPBK Abdya, Amiruddin SPd yang dimintai tanggapanya terpisah mengaku, sudah menerima laporan yang menimpa warga Blang Makmur tersebut dan sudah memerintahkan anggotanya untuk turun ke lokasi guna mengumpulkan data. “Data-datanya sedang dihimpun anggota kami,” katanya singkat saat dihubungi wartawan.

Hal senada juga diutarakan, Kepala Dinsosnakertrans Abdya, Nazaruddin Lizam SE. Katanya, data-data korban yang dihantam angin kencang itu sudah ada. “Bantuan masa panik memang belum kita salurkan, tapi akan kita segerakan,”kata Nazar menjawab wartawan. [Rizal]

To Top