Ekonomi

Pusat Tunda Penyaluran DAU 2016 untuk Empat Kabupaten di Aceh

ACEHTERKINI.COM | Dengan pertimbangan dalam rangka pengendalian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Menteri Keuangan (Menkeu) selaku Bendahara Umum Negara melakukan penundaan penyaluran sebagian Transfer ke Daerah, yang diperhitungkan sebagai kurang bayar untuk dianggarkan dan disalurkan pada anggaran berikutnya sesuai kemampuan keuangan negara.

Dilansir laman Setkab RI, Rabu (24/8/2016), Penundaan yang dilakukan terhadap penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2016 untuk 169 daerah, termasuk 4 kabupaten di Provinsi Aceh. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor: 125/PMK.07/2016, yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada 16 Agustus 2016.

Adapun empat kabupaten yang mengalami penundaan penyaluran DAU bulan September – Desember 2016 itu adalah Kabupaten Aceh Besar, Aceh Timur, Aceh Utara dan Kabupaten Simeulue.

Pusat Tunda Penyaluran DAU 2016 untuk Empat Kabupaten di Aceh
Sri Mulyani Indrawati

“Penentuan daerah dan besaran penundaan penyaluran sebagian Dana Alokasi Umum sebagaimana dimaksud, didasarkan pada perkiraan kapasitas fiskal, kebutuhan belanja, dan posisi saldo kas di daerah pada akhir tahun 2016, yang dikategorikan sangat tinggi, tinggi, cukup tinggi, dan sedang,” bunyi Pasal 1 ayat (2) PMK itu.

Menurut PMK itu, Dana Alokasi Umum yang sebagian penyalurannya ditunda itu  dapat disalurkan kembali pada Tahun Anggaran 2016 dalam hal realisasi penerimaan negara mencukupi.

Dalam hal penyaluran kembali sebagian Dana Alokasi Umum sebagaimana dimaksud tidak dapat dilakukan pada Tahun Anggaran 2016, menurut PMK ini, Dana Alokasi Umum yang penyalurannya ditunda, diperhitungkan sebagai kurang bayar untuk dianggarkan dan disalurkan pada tahun anggaran berikutnya dengan memperhatikan kemampuan keuangan negara. [Red]

To Top