Sosial

Promosikan Wisata Gayo, Disbudpar Aceh Apresiasi Lomba Pacuan Kuda Tradisonal

ACEHTERKINI.COM | Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh memberikan apresiasi terhadap even pacuan kuda tradisional di tanah gayo. Kepala Dinas Disbudpar Aceh, Reza Fahlevi melalui  Kepala Bidang Pemasaran, Ramadhani mengatakan, even tersebut akan terus dilakukan setiap tahun.

“Harapannya bisa meningkatkan jumlah wisatawan ke dataran tinggi gayo,” kata Ramadhani, Selasa (30/8/2016).

“Disbudpar Aceh sangat mendukung even sport tourism ini, tentunya potensi agrowisata di dataran tinggi gayo bisa terus dikembangkan sehingga berbagai festival dan even budaya juga bisa menjadi daya tarik wisatawan baik lokal dan mancanegara untuk mengunjungi daerah penghasil kopi terbaik dunia ini,” tambah Rahmadhani.

Promosikan Wisata Gayo, Disbudpar Aceh Apresiasi Lomba Pacuan Kuda Tradisonal
Lomba Pacuan Kuda di Dataran Tinggi Gayo

Lebih lanjut, sebut Rahmadhani, ada beberapa even yang tentunya bisa digarap dengan kondisi alam di Gayo seperti Festival Danau Lut Tawar, Kopi Trail dan masih banyak even lainnya sebagai bentuk dukungan dalam mendukung terwujudnya Aceh sebagai destinasi halal dunia.

Sebelumnya dalam rangka HUT RI ke 71, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menggelar lomba pacuan kuda tradisional gayo sejak 22-28 Agustus 2016 di Lapangan Pacuan Kuda Haji Muhammad Hasan Gayo, Kampung Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah

Tuan rumah Aceh Tengah berhasil meraih sebagai juara umum. Sedikitnya ada 380 ekor kuda berpacu yang memperebutkan total hadiah Rp 299 juta itu. Even ini diikuti tiga kabupaten yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues dengan mempertandingkan 12 kelas. [Red]

To Top