Sosial

Peringatan HUT RI di Abdya, 22 Napi Dapat Remisi

ACEHTERKINI.COM | Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) Ke 71 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menjadi kebanggan luar biasa bagi 22 narapidana (Napi) yang berada di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Blangpidie.

Pasalnya, dalam moment HUT RI tersebut, 22 Napi mendapat remisi antara 1-2 bulan. Dimana, penyerahan SK resmisi lansung diberikan kepada perwakilan Napi oleh Bupati Abdya Jufri Hasanuddin didampingi Kepala Lapas Erwin Saleh Siregar Amd IP SH MH, usai pelaksanaan upacara Peringatan HUT RI Ke 71 di Lapangan Persada, Desa Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie, Rabu (17/8/2016).

Peringatan HUT RI di Abdya, 22 Napi Dapat Remisi
Bupati Abdya, Jufri Hasanuddin Memberikan SK Remisi kepada Perwakilan Napi  pada HUT RI Ke-71 [Rizal]

Dengan dapatnya remisi itu, kata Kepala Lapas Kelas III Blangpidie Erwin Saleh Siregar, satu orang warga asal Kecamatan Manggeng, Sukardi bebas dengan mendapat remisi 2 bulan, ia terjerat dalam Kasus Penipuan, yang dikurung selama 1,2 tahun. Sukardi dipindahkan dari Lapas Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan.

Dikatakan Erwin, saat ini jumlah tahanan di Lapas Kelas III Blangpidie sebanyak 47 orang. Bebas satu orang jadi tinggal 46 tahanan lagi. Dari jumlah tahanan yang mendapat remisi itu, rata-rata mereka terjerat kasus penyalahgunaan narkoba. Sedangkan untuk kasus korupsi belum ada yang mendapat remisi.

“Kita berharap dengan pemberian remisi ini, para tahanan itu semakin meningkatkan kelakuan yang baik,” demikian ujar Erwin kepada awak media usai upacara HUT RI di Lapangan Persada.

Amatan dilapangan, Upacara yang diperingati setiap tanggal 17 bulan Agustus itu, dipimpin oleh Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, juga turut dihadiri Wakil Bupati Erwanto SE MA, Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Puji Hartono SIP, Kajari Abdya Abdur Kadir SH MH, Ketua DPRK Abdya Zulkifli Isa dan bertindak sebagai Komandan Upacara Lettu Inf Fajar Setiawan.

Kemudian dalam upacara itu juga turut dihadiri para anggota DPRK, para asisten, staf ahli, para kepala SKPK, perwira TNI/Polisi, para pimpinan Parpol, Ormas, OKP dan sejumlah peserta upacara dari TNI/Polisi, Satpol PP dan WH, PNS, Perbankan dan siswa dari berbagai jenjang pendidikan.

Pembacaaan teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRK Abdya Zulkifli Isa. Kemudian acara berakhir dengan do’a yang disampaikan oleh Slamet SAg. (Rizal).

To Top