Layanan Publik

Paket Hijauan Pakan Ternak di Abdya Terancam Gagal Tender

ACEHTERKINI.COM | Paket pekerjaan pembangunan instalasi pembibitan dan hijauan pakan ternak yang berada di Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak), Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) belum memiliki dokumen perencanaan yang lengkap.

Jika paket tersebut terealisasi dalam tahun ini maka wacana Aceh Barat Daya menjadi objek pengembangan ternak dapat terwujud. Namun sayangnya paket yang akan menghabiskan dana APBK sebesar Rp300 juta terancam gagal tender.

Kepala Bagian Pembangunan Setdakab Abdya, Liza Marpandi S.SIP kepada wartawan membenarkan paket di Distannak tersebut terancam gagal tender, karena tidak lengkap dokumen perencanaan.

“Belum bisa dilakukan proses tender, karena dokumennya tidak lengkap,” ujarnya, Senin (22/8/2016)

Paket Hijauan Pakan Ternak di Abdya Terancam Gagal Tender
Ilustrasi

Sementara itu, Kepala Distannak Abdya, Maswadi, membenarkan kalau paket pengerjaan tersebut belum dilakukan proses tender. Hal itu dikarenakan dokumen perencanaan yang belum lengkap serta belum adanya penetapan lokasi untuk pembangunan instalasi pembibitan dan hijauan pakan ternak.

Akan tetapi, pihaknya tetap optimis kalau proyek dimaksud dapat dilakukan proses tender dan dikerjakan tepat waktu.

“Paket proyek itu, direncanakan menggunakan APBK Abdya tahun 2016 sebesar Rp 300 juta.
Sejauh ini tim memastikan kalau lahan untuk pengerjaan paket itu ada dan dalam waktu dekat ini kelengkapan dokumen itu siap, kita sedang melakukan survey ke lokasi,” demikian singkatnya.

Sebelumnya Wakil Bupati Erwanto telah melakukan upaya penjajakan  pada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI guna mendorong pengembangan budidaya ternak di Abdya. Hasilnya, pusat akan mengucurkan anggaran untuk Abdya sebesar Rp.49 miliar di tahun  2017 mendatang.

Upaya yang dilakukan Wabup Abdya itu, agar Abdya menjadi objek pengembangan ternak. Seyogyanya upaya tersebut dapat dilakukan jika Pemkab Abdya membangun sebuah wadah serbaguna, berupa pembangunan instalasi pembibitan dan hijauan pakan ternak. Tujuannya adalah sebagai modal bakal bibit dan makanan ternak yang nantinya akan dibagikan dan disalurkan pada peternak. [Rizal]

To Top