Politik

Maju dalam Pilkada 2017, Tiga Anggota DPR Aceh akan Di PAW

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak tiga orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh akan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) karena maju dalam Pilkada 2017 mendatang.

Informasi yang diterima acehterkini, Rabu (17/8/2016), masing-masing partai telah mengusulkan untuk Pergantian Antar Waktu (PAW) anggotanya karena maju sebagai kandidat dalam Pilkada Aceh 2017.

Maju dalam Pilkada 2017, Tiga Anggota DPR Aceh akan Di PAW
M. Amru

Anggota DPR Aceh yang akan di PAW adalah Muhammad Amru dari Partai Aceh. Ia akan maju sebagai Calon Bupati Gayo Lues dalam Pilkada 2017 yang diusung dari Partai Aceh.

Kemudian Ridwan Abu Bakar atau yang diakrab dipanggil Nek Tu. Ia juga dari Partai Aceh yang akan maju sebagai Calon Bupati Aceh Timur dari Jalur Independen pada Pilkada 2017.

Berikutnya adalah Mawardi Ali yang akan maju sebagai Calon Bupati Aceh Besar. Ia berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Sebagaimana diketahui, Anggota DPR, DPD, dan DPRD yang mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) diwajibkan mengundurkan diri terhitung sejak pencalonannya disahkan KPU/KPUD.

Maju dalam Pilkada 2017, Tiga Anggota DPR Aceh akan Di PAW
Ridwan Abu Bakar

Hal ini tertuang dalam amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (8/7/2015), yang mengabulkan sebagian permohonan judicial review terkait Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Menjadi Undang-Undang.

Kemudian perihal ini juga tertuang dalam Undang – Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua atas Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang – Undang.

Maju dalam Pilkada 2017, Tiga Anggota DPR Aceh akan Di PAW
Mawardi Ali

Ketentuan Pasal 7 yang diubah pada point (s) adalah menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sejak ditetapkan sebagai pasangan calon peserta Pemilihan. [Red]

To Top