Politik

KIP Abdya Baru Terima 4 Pasangan Calon Bupati Jalur Independen

ACEHTERKINI.COM | Hingga hari ketiga, sudah 4(empat) pasangan calon perseorangan (Independen) yang menyerahkan syarat dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati Abdya kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten setempat.

Keempat paslon itu menyerahkan syarat dukungan berupa foto copy KTP pendukung untuk maju melalui jalur perseorangan dengan ketentuan harus terpenuhi sebanyak 4423 lembar foto copy KTP. Mereka yang sudah menyerahkan syarat dukungan yaitu Maidisal Diwa – Ruslan sebanyak 6475 lembar foto copy KTP.

Kemudian Zainal Arifin – Said Azhari menyerahkan 5882 foto copy KTP, selanjutnya Muazam –  Hermansyah mengantongi foto copy KTP dukungan sebanyak 7131. KIP Abdya sudah menghitung jumlah KTP dari ketiga Paslon tersebut.

Sementara untuk paslon Junaidi  – Masrizal masih dalam proses perhitungan, karena baru mendaftar Senin (8/8/2016). Namun informasi sekilas yang diterima dari tim pemenangannya, pasangan calon itu membawa foto copy KTP sebanyak 6300 lembar lebih.

“Setiap paslon harus menyerahkan foto copy KTP sebanyak 4423, yang terwakili minimal 5 kecamatan dari 9 kecamatan yang ada di Abdya. Kalau lebih itu malah lebih baik,” kata Ketua KIP Abdya Elfiza SH MH di Aula kantor KIP setempat, Senin  (8/8/2016).

Disebutkan Elfiza, bahwa KIP telah selesai menghitung untuk 3 paslon tersebut. sementara untuk satu paslon yang baru mendaftar (Junaidi/Masrizal) masih dalam proses perhitungan, karena baru saja menyerahkan berkas.

“Selesai foto copy KTP itu dihitung, selanjutnya kita meminta kepada paslon, agar melakukan entri data KTP itu kedalam sistem informasi pencalonan (Silon). Disitu nanti akan terdeteksi jika ada KTP ganda,” sebutnya.

Silon tersebut, lanjut Elfiza, akan berakhir pada tanggal 10 Agustus 2016 mendatang. Setelah itu, Silon tidak bisa diakses atau digunakan lagi. “Yang melakukan entri data ke Silon itu adalah operator dari paslon itu sendiri. Selanjutnya kita yang akan melihat apakah KTP itu ganda atau tidak,” terangnya.

Dari sejumlah paslon tersebut, baru Maidisal Diwa dan Ruslan yang telah mengentri, sementara yang lainnya masih dalam proses. Tambah Elfiza, masing-masing paslon harus menyerahkan satu paket dalam bentuk format asli yang sudah ditandatangani oleh pemilik KTP. Sementara 2 paket lainnya dalam bentuk foto copy.

Setelah perseorangan ini selesai, sambung Elfiza, maka pada tanggal 14-20 September 2016 akan diumumkan pendaftaran untuk paslon dari dukungan partai politik. Selanjutnya akan dibuka pendaftaran selama tiga hari yakni 21-23 September 2016 juga akan berbarengan dengan pendaftaran paslon perseorangan yang telah diverifikasi syarat dukungan dari jumlah foto copy KTP yang telah ditentukan. (Rizal).

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Abdya dari Jalur Independen
Maidisal Diwa – Ruslan = 6.475 foto copy KTP
Zainal Arifin –  Said Azhari = 5.882 foto copy KTP
Muazam – Hermansyah = 7.131 foto copy KTP
Junaidi  – Masrizal = 6.300 foto copy KTP

To Top