Nasional

Kepergian Orang Indonesia Paling Berbahaya

ACEHTERKINI.COM | Mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah era Kabinet Reformasi Pembangunan Adi Sasono tutup usia. Kepergiannya mengingatkan kembali beberapa kenangan yang dia tinggalkan.

Eks Menteri Koperasi dan UKM pada era Kabinet Reformasi Pembangunan, Adi Sasono menunjukan beberapa buku yang diluncurkan pada perayaan hari kelahirannya yang ke-70 di Jakarta, Sabtu (16/2/2013). Foto: Antara/M Agung Rajasa

Adi sempat diberi label Indonesia’s most dangerous man (Orang Indonesia Paling Berbahaya) pada Majalah Far Eastern Economic Review edisi minggu pertama Desember 1998. Menanggapi julukan itu, Adi hanya tertawa.

“Saya sudah mencoba meyakinkan mereka bahwa saya tidak berbahaya sama sekali,” kata Adi seperti disitat dari Washington Post dalam artikelnya pada 2 Maret 1999 silam.

Adi, saat itu, memang ditakuti beberapa kalangan karena kebijakan ekonomi kerakyatan yang digaungkannya. Dia ingin melepas cengkraman ekonomi para konglomerat dan mendistribusikan kekayaan untuk usaha kecil dan 50.000 koperasi yang dikelola negara.

“Kami menentang kapitalisme kroni,” tegas Adi. “Jika saya berbahaya, saya berbahaya bagi mereka.”

Kala itu, Indonesia memang baru lepas dari 32 tahun pemerintahan Presiden Soeharto. Adi pun menyebut selama era Soeharto mekanisme pasar tidak bekerja. “Tugas saya adalah untuk bergerak dari ekonomi kroni untuk menciptakan mekanisme pasar yang kompetitif,” jelas dia.

Adi pun kerap blusukan dalam menjalankan tugasnya, khususnya bertemu dengan kelompok-kelompok berduit yang mendapatkan keuntungan pada era Soeharto. Dia ingin meyakinkan bila kebijakan ekonomi kerakyatan tak akan merugikan mereka.

“Saya mengatakan kepada mereka, pesta selesai. Saatnya untuk pemerintahan yang bersih. Jika Anda berbuat baik, anda membayar pajak, anda mempekerjakan orang, anda baik-baik saja. Kita membutuhkan keahlian Anda,” kata dia.

Kini, perjuangan Menteri era Presiden B.J. Habibie ini pun harus terhenti. Adi menghembuskan napas terakhir pada usia 73 tahun sekitar pukul 17.20 WIB di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. (Washingtonpost.com)

To Top