Layanan Publik

Inilah Masjid Paling Bersih di Kota Banda Aceh

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kota Banda Aceh merilis sejumlah masjid yang dinilai paling bersih dan tertib. Kepala Dinas Syariat Islam Banda Aceh, Mairul Hazami mengatakan, penilaian masjid yang paling bersih ini merupakan program Dinas Syariat Islam. “”Kita datangi masjid-masjid sebagai perwakilan dari kecamatan, kita beri penilaian dan sosialisasi,” kata Mairul, Jum’at (12/8/2016).

“Kita lihat fasilitas apa yang belum ada, kita sarankan di buat. Kemudian kebersihannya , seperti toilet dan tempat wudhuk kita minta dibersihkan. Kemudian baru dewan juri kembali lagi untuk melakukan penilaian,” ungkap Mairul Hazami.

Inilah Masjid Paling Bersih di Kota Banda Aceh
Masjid Syuhada Lamgugob [dok.net]

Lanjutnya, ada beberapa kriteria yang dinilai, seperti pengelolaan masjid, Inayah, kemakmuran masjid, fasilitas penunjang seperti penyediaan mukena dan ketersediaan lemari Al-Quran , kitab dan buku.

Pemko Banda Aceh juga memberikan hadiah berupa uang pembinaan dan plakat kepada masjid-masjid yang paling bersih itu. “Uang pembinaan ini kita berikan untuk memantik semangat BKM dalam memakmurkan masjid. Dan uang ini tidak disarankan untuk pembangunan fisik Masjid, tapi kita minta lebih diarahkan kepada kegiatan-kegiatan yang bermuara pada kemakmuran masjid,” ujar Mairul.

Berikut mesjid-mesjid yang paling bersih di Banda Aceh :
Masjid Syuhada, Desa Lamgugop, Kecamatan Syiah Kuala.
Masjid Al- Istiqamah, Desa Sukaramai Kecamatan Baiturrahman.
Masjid Muqarrabin, Desa Punge Blangcut, Kecamatan Meuraxa
Masjid Nurul Hudu, Desa Peunyeurat, Kecamatan Banda Raya
Masjid Abrar, Desa Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam

To Top