Sosial

Inilah Kabupaten Kota di Aceh “Rawan” Jelang Pilkada 2017

ACEHTERKINI.COM | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengeluarkan hasil riset Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada Pilkada 2017. Ada 94 kabupaten kota di seluruh Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada pada 15 Februari 2017 mendatang.

Sebanyak 20 kabupaten kota di Aceh akan menggelar Pilkada 2017. Bawaslu RI mencatat kerawanan konflik yang akan muncul di 20 kabupaten kota di Aceh masuk dalam katagori sedang dan rendah sehingga membutuhkan perhatian khusus demi suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Inilah Kabupaten Kota di Aceh “Rawan” Jelang Pilkada 2017
Ilustrasi

Wilayah di Aceh memiliki kerawanan pada aspek penyelenggaraan, kontestansi, dan partisipasi. “Aceh memiliki jumlah kabupaten/kota terbanyak yang akan melaksanakan pilkada,” kata Ketua Bawaslu RI, Muhammad, Senin (29/8/2016).

Kabupaten Aceh Tengah, Aceh Barat Daya, Aceh Utara, Aceh Singkil, Nagan Raya, Aceh Besar, Langsa, Aceh Timur, Gayo Lues, Banda Aceh, Lhokseumawe dan Kota Sabang masuk dalam katagori kerawanan sedang.

Sedangkan katagori kerawanan yang rendah akan muncul di Aceh Tamiang, Bireuen, Aceh Barat, Aceh Jaya, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Pidie dan Kabupaten Simeulue. [Red]

To Top