Ekonomi

Dukung Program Pajele, Distannak Abdya Kembangkan Jagung 1000 Ha

ACEHTERKINI.COM | Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Aceh Barat Daya (Abdya) dalam tahun 2016 berinisiatif untuk mengembangkan lahan jagung seluas 1000 hektare (Ha). Secara perdana pihaknya telah melakukan penanaman jagung hibrida pada Kamis (25/8/2016) dihamparan 29 hektar lahan milik Kelompok Tani Usaha Bersama, Desa Keude Barou, Kecamatan Kuala Batee.

Kepala Distannak Abdya, Maswadi SP MPd kepada wartawan, Jumat (26/8/2016) mengatakan, upaya yang dilakukan pihaknya itu merupakan bagian dari pengembangan Padi, Jagung dan Kedele (Pajale), yang merupakan program pemerintah Pusat.

Dukung Program Pajele, Distannak Abdya Kembangkan Jagung 1000 Ha
Ilustrasi

Dalam mendukung program Pajale tersebut, lanjut Maswadi, Pemerintah Abdya berinisiatif mengembangkan lahan jagung tahun 2016 ini, seluas 1000 hektar. Tersebar di 3 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Kuala Batee, Kecamatan Babahrot dan Kecamatan Tangan-Tangan dengan menyertakan 23 Kelompok Tani, dalam 23 titik lokasi.

Dikatakan Maswadi, ketersediaan bibit langsung disalurkan dari Pusat. Dalam satu hektar, Pemerintah membantu bibit jagung sebanyak 15 kilogram. “Yang dibantu dari APBN hanya bibit. Sementara pupuk dan biaya olah tanah tidak ada, dikerjakan secara swadaya,”teranya.

Amatan dilokasi penanaman perdana pada hari itu, Kepala Distannak Maswadi, bersama Pasie Ter Kodim 0110 Abdya Kapten Arh Dwi Sugiarto, Kepala BP4K Ruslan Adly SP, Kabid Produksi Distannak Hamdan SP, Kasie Padi Palawija Hendriyadi STP, Kepala BBU Tangan-Tangan Cut Amin, melakukan tanam perdana yang turut disaksikan para pengurus kelompok tani setempat. (Rizal)

To Top