Politik

Bendera Aceh Harus Segera Dituntaskan, Jika Perlu Referendum

ACEHTERKINI.COM | Bendera Aceh bulan bintang sampai saat ini belum mendapat persetujuan pengibaran dari Pemerintah Pusat. Wakil Ketua DPR Aceh, T. Irwan Djohan meminta Pemerintah Pusat segera menuntaskan masalah bendera Aceh agar tidak berlarut – larut.

“Kalau kita masih berdebat soal bendera Aceh maka dua tahun lagi juga tidak selesai, persoalan ini harus segera dituntaskan,” kata Irwan Djohan dalam diskusi 11 tahun damai Aceh dan Espektasi Kaum Muda di 3in1 cafe, Senin (15/8/2016).

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan bendera Aceh harus segera diimplementasikan sesuai dengan Qanun yang sudah ditetapkan DPR Aceh. “Bendera Aceh tidak lagi dipandang sebagai bendera separatis, setiap provinsi di Indonesia boleh memiliki bendera dan lambang sendiri,” kata Irwan Djohan.

Bendera Aceh Harus Segera Dituntaskan, Jika Perlu Referendum
Teuku Irwan Djohan (baju putih) dan Kausar

“Jika perlu kita buat referendum untuk masalah bendera Aceh ini karena ini harus diselesaikan untuk menatap Aceh masa depan,” ujar Wakil Ketua DPR Aceh menawarkan.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Aceh di DPR Aceh, Kausar mengatakan Pemerintah Pusat belum memberikan lampu hijau terkait pengibaran bendera Aceh bulan bintang. “Bendera Aceh ini adalah simbol perdamaian, pusat tidak memahami ini,” terang Ketua Pansus Bendera Aceh ini.

Menurut Kausar pemerintah pusat sepertinya masih menyimpan dendam dan melihat bendera Aceh ini dengan sejarah masa lalu. Qanun Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Bendera dan Lambang Aceh ini sudah selesai. “Tidak ada perubahan lagi, kita masih pegang komitmen awal, kita dorong Pemerintah Aceh mengimplementasikan qanun ini,” kata Politisi Partai Aceh ini.

Kausar meminta aparat keamanan TNI Polri jangan berlebih-lebihan terkait masalah bendera Aceh ini.  “Kalau ada yang ditangkap karena membawa bendera Aceh, ini merupakan tindakan yang berlebih-lebihan dan membuat suasana yang tidak bagus dan bisa menimbulkan provokasi baru,” demikian Ketua Fraksi Partai Aceh di DPR Aceh, Kausar. [Firman]

To Top