Peristiwa

Angin Kencang, Rumah Warga di Abdya Ditimpa Pohon

ACEHTERKINI.COM | Rumah milik Halimatun (35) warga Desa Mesjid, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tertimpa pohon akibat angin kencang, Sabtu (13/8/2016).  Sebelumnya diwaktu yang sama, pohon juga tumbang di Jalan Nasional, Desa Panton Makmur, Kecamatan Manggeng, Kabupaten setempat, sehingga membuat jalanan macet hingga ratusan meter.

Kepala Desa Mesjid, Hasanuddin, mengatakan, bahwa pohon jenis jengkol tersebut menimpa rumah Halimatun, sekitar pukul 13.00 WIB. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, warga setempat telah melakukan pembersihan batang jengkol yang menimpa rumah warga tersebut.

Angin Kencang, Rumah Warga di Abdya Ditimpa Pohon
Rumah Halimatun, warga Abdya Ditimpa Pohon akibat angin kencang

“Batang jengkol yang tumbang sudah kita evakuasi bersama pihak BPBK, dan saat ini sedang kita tunggu bantuan dari Dinas Sosial,” katanya singkat.

Sementara itu, Sekdes Mesjid, Adi Lizami, mengemukakan, kalau saat ini Halimatun tinggal bersama dengan dua orang anaknya yang masih kecil. Sejak suaminya Mainansyah (55) merantau ke Malaysia sekitar lima tahun yang lalu. Halimatun terpaksa merawat anaknya seorang diri.

“Suaminya sudah lama merantau, jadi saat ini, ia tinggal bersama dua orang anaknya,” tutur Adi

Dikatakannya, pihak desa telah mengirim laporan ke Dinas Sosial agar keluarga Halimatun dapat bantuan, terutama untuk merehap kembali atap rumah yang sudah rusak tertimpa pohon.

“Sudah kita kirim laporan ke Dinas Sosial, semoga saja rumah Halimatun tersebut bisa di rehap kembali, cukup kasihan rasanya jika dibiarkan begitu saja, apalagi dia seorang perempuan yang tinggal bersama dua orang anaknya yang masih kecil,” ungkap Adi lebih lanjut.

Sementara itu, Kabid Banjamsos Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Abdya Mawardi, membenarkan kalau pihaknya telah menerima laporan adanya rumah warga di Kecamatan Tangan-Tangan yang tertimpa pohon.

“Kita sudah terima laporannya, namun hingga saat ini kita belum bisa turun kelokasi, karena sedang sibuk mempersiapkan acara pameran di lapangan Pulau Kayu, Kecamatan Susoh,” kata Mawardi yang dihubungi wartawan secara terpisah.

Kendati demikian, pihaknya juga tidak mengabaikan warga tersebut. Dimana, ia akan mengirim bantuan masa panik untuk warga yang rumahnya tertimpa pohon berupa Gula, Minyak Makan dan bahan sembako lainnya. “Kalau untuk bantuan berupa seng dan alat lainnya untuk merehap rumah itu, kita tunggu arahan pimpinan,” demikian kata Mawardi singkat. (Rizal).

To Top