Layanan Publik

Amankan Irigasi Intake, BNPB Bangun Tanggul Rp4,5 M di Abdya

ACEHTERKINI.COM | Guna mengamankan Irigasi Intake Krueng Baru, yang berada di Desa Kayee Aceh, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) setempat, melalui dana rehap rekon BNPB tahun 2015, membangun tanggul pengaman berupa batu gajah yang menelan dana sebesar Rp 4,5 miliar lebih.

Dengan panjang 317 meter, proyek Normalisasi dan Rekontruksi Pasca Bencana Pengaman Tebing Krueng Baru itu hampir rampung dikerjakan oleh PT Fata Perdana Mandiri sejak 4 Mei 2016 sampai dengan 2 September 2016 mendatang.

Amankan Irigasi Intake, BNPB Bangun Tanggul Rp4,5 M di Abdya
Irigasi Intake Krueng Baru, Abdya

“Proyek itu hampir selesai dikerjakan, tinggal finising saja. Kalau dalam kontrak tanggul itu selesai dikerjakan tanggal 2 September 2016,” kata Kepala BPBK Abdya, Amiruddin, kepada wartawan, Selasa (23/8/2016) diruang kerjannya.

Dikatakan Amir, pembuatan pengaman tebing itu untuk mengamankan bangunan Irigasi Intake Krueng Baru yang baru-baru ini nyaris jebol dihantam arus sungai. Maka dari itu, BNPB telah menghibahkan dana rehap rekon untuk membangun pengaman tebing dari batu gajah senilai Rp4,5 miliar lebih.

“Kita pastikan kalau tanggul pengaman tersebut akan mampu mengamankan Irigasi Intake yang mengaliri air kedalam sawah petani di kecamatan Lembah Sabil dan Manggeng,” tuturnya.

Amir menjelaskan, selain mengamankan Irigasi Intake, tanggul tersebut juga berguna untuk mengantisipasi luapan air dari sungai, sehingga perkebunan serta pemukiman warga akan aman dari banjir.

Jika tanggul itu tidak dibangun, lanjut Amir, maka air dari Krueng Baru yang membatasi Abdya dan Kabupaten Aceh Selatan akan merusak tebing sungai wilayah Abdya. Sebab, wilayah Aceh Selatan tepatnya di Desa Kuta Trieng, Kecamatan Labuhan Haji Barat sudah dibangun tanggul pengaman yang sama. Jadi, arus air akan semakin deras kewilayah Abdya.

“Untuk itu, kita telah berupaya melobi ke pusat, agar Abdya mendapatkan dana pembangunan tanggul pengaman tebing tersebut. Alhamdulillah pihak BNPB sudah merespon dan pekerjaannya juga hampir selesai,” demikian tuturnya. (Rizal)

To Top