Sosial

Aceh International Rapai Festival Dimulai, Yuk Saksikan

ACEHTERKINI.COM | Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar even “Aceh International Rapa’I Festival 2016” yang digelar dari 26 – 30 Agustus 2016 di Banda Aceh.  Event budaya pertama kali digelar ini mendatangkan musisi dan penyanyi dari dalam dan luar negeri yang berkolaborasi dengan musisi dan penyayi lokal Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Reza Fahlevi mengatakan, perkusi khas Aceh ini, Rapa’i, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Aceh baik secara filosofïs atau kultural.

Aceh International Rapai Festival Dimulai, Yuk Saksikan

Dalam even ini, lanjutnya, akan ditampilkan alat musik tradisional tidak saja Rapa’i,  tetapi juga performa alat musik tradisional dari Sumatera Barat, Tambua, dan Sumatera Utara, Gordang Sembilan.

“Grup kesenian dari internasional juga akan hadir meramaikan Aceh International Rapa’i Festival 2016 yaitu dari negara Cina, Thailand, Malaysia, Jepang, dan grup kesenian dari Timur Tengah, Iran,” sebut Reza.

Sedangkan musisi dan penyanyi yang akan meramaikan Aceh International Rapa’i Festival 2016 di Taman Ratu Safiatuddin yaitu Rafly, Gilang Ramadhan, Tompi, Daood and Grove and Rool, Steven Thornton.

Selain itu, event yang terbuka untuk umum ini tidak saja menggelar pameran alat musik tradisional juga menjajakan beragam kuliner tradisional Aceh yang bisa langsung dicicipi di Taman Ratu Safiatuddin.

“Event ini terbuka untuk umum. Selain bisa disaksikan di Taman Sultanah Ratu Safiatuddin, juga digelar di Museum Tsunami Aceh, dan Taman Budaya,” kata Reza.

Perhelatan yang rencanannya akan digelar setahun sekali ini, sebagai salah satu langkah dan komitmen Pemerintahan Aceh dalam melestarikan kesenian tradisi yang berkesinambungan sebagai jati kebudayaan Aceh.

Pada Aceh International Rapa’i Festival 2016 akan diisi dan diramaikan performa group Band lokal Aceh dan zikir. Festival ini terbuka untuk masyarakat umum dan juga menampilkan berbagai pameran alat musik etnik dari berbagai daerah di Aceh, di provinsi lain di Indonesia, serta negara lain di dunia. [Red]

To Top