Sosial

11 Tahun Damai Aceh, GAM Harus Pegang Janji MoU Helsinki

ACEHTERKINI.COM | Word Acehnese Association (WAA) meminta kepada Gerakan Aceh Merdeka (GAM) untuk memegang janji-janji yang telah tertuang dalam perjanjian damai MoU Helsinki. Koordinator WAA, Nekhasan dalam keterangan tertulisnya mengatakan konflik bersenjata telah berakhir sehingga masyarakat Aceh dapat menjalani kehidupan secara damai dan aman.

11 Tahun Damai Aceh, GAM Harus Pegang Janji MoU Helsinki
Penandatanganan MoU Helsinki di Finlandia, 15 Agustus 2005

Bertepatan 15 Agustus 2016 ini, sudah 11 tahun perdamaian Aceh, namun tetap saja butir-butir MoU Helsinki yang sudah disepakati GAM dan RI masih banyak yang belum diimplementasikan oleh para pemangku kepentingan di Indonesia dan Aceh.

WAA mengharapkan agar pemerintah pusat menunaikan seluruh janji yang tertuang dalam MoU Helsinki dan berkomitmen mendukung perdamaian dengan memberikan hak-hak kepada rakyat Aceh sebagaimana isi dari MoU Helsinki. Kepada GAM Juga harus komit memegang perjanjian damai dengan Indonesia.

“Buktikan bahwa GAM adalah pahlawan bangsa dalam membela kepentingan masyarakat Aceh,” tulis Nekhasan dalam keterangan singkatnya. [Red]

To Top