Sosial

Tidak Hadir Hari Pertama Kerja, Ratusan PNS di Abdya Kena Pemotongan TPK

ACEHTERKINI.COM | Sedikitnya sekitar 25 orang pegawai negeri sipil (PNS) dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan tidak masuk kerja (membolos) usai libur lebaran Idul Fitri 1437 H. Kemudian 153 PNS juga tidak hadir tanpa keterangan. Sedangkan pegawai non PNS hanya 128 orang tidak masuk kerja.

Sekda Abdya, Drs Ramli Bahar, Senin (11/7/2016) menegaskan, bagi PNS yang tidak masuk kerja akan dikenakan sanksi administrasi berupa pemotongan tunjangan prestasi kerja (TPK) 50 persen dari jumlah TPK yang diterima pada bulan Juli

“Yang tidak masuk tanpa keterangan yang sah, maka akan dikenakan pemotongan TPK,” tegasnya.

Tidak Hadir Hari Pertama Kerja, Ratusan PNS di Abdya Kena Pemotongan TPK

Hal itu sesuai dengan surat edaran Gubernur Aceh nomor 061.2/10721 tentang libur nasional dan cuti bersama yang juga diperkuat dengan surat edaran Bupati Abdya nomor 061.2/182/2016 tentang hari libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri 1437 H.

“Sementara bagi pegawai non PNS akan disesuaikan dengan kebijakan pimpinan, sanksi apa yang layak bagi mereka yang melanggarb aturan dimaksud. Semua yang ditetapkan itu ada aturannya, jadi jika ada pegawai yang melanggar tetap akan ditindak,” singkatnya.

Sementara itu, Kabag Organisasi dan Kepegawaian (Bagian Orpeg) Setdakab Abdya, Azwar, menyebutkan, data ketidakhadiran puluhan PNS dan pegawai non PNS tersebut bersumber dari hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Sekda Abdya, para asisten, stah ahli dan tim inspektorat Abdya di 37 SKPK dalam kabupaten setempat.

“Total pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan mencapai 153 orang dari 37 SKPK yang dikunjungi dan 13 orang sakit dibuktikan dengan surat keterangan dokter rumah sakit,” ujarnya. (Rizal)

To Top