Layanan Publik

KIP Abdya Lantik 45 Anggota PPK dan 396 PPS

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 396 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik secara bersamaan olah Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di Lapangan Bola Kaki, Desa Pante Pirak, Kecamatan Susoh, kabupaten setempat, Senin (18/7/2016).

Acara itu, turut dihadiri Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, Wakapolres Abdya Kompol Edi Bagus Sumantri, Ketua KIP Abdya Elfiza SH MH, mewakili Kajari Abdya, mewakili Dandim 0110/Abdya, mewakili Ketua DPRK Abdya dan Ketua Panwaslih Abdya Idris SHi, termasuk para pimpinan Partai Politik serta para tamu undangan lainnya.

KIP Abdya Lantik 45 Anggota PPK dan 396 PPS
Pelantikan Anggota PPK dan PPS Abdya, Senin (18/7/2016)

Berdasarkan Surat Keputusan KIP Abdya, tugas PPK dan PPS untuk membantu KIP dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati yang akan berlangsung 15 Februari 2017 mendatang.

Setiap kecamatan akan ditempati 5 orang PPK, sementara PPS akan melaksanakan tugasnya di 132 desa. Setiap desa bertugas 3 orang PPS, yang akan bekerja selama 9 bulan.

Usai melantik sejumlah anggota PPK dan PPS, Ketua KIP Abdya Elfiza SH MH, mengatakan, tugas PPK dan PPS dalam proses Pilkada kedepan akan sangat berisiko. Jadi, perlu perhatian yang serius dan lebih teliti dalam menjalankan tugas.

Disamping itu, Elfiza juga mengatakan, kalau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya sangat serius dalam mendukung pelaksanaan Pilkada. Buktinya Pemkab mampu mengalokasikan dana Pilkada sesuai dengan yang diusulkan oleh KIP Abdya sebesar Rp 23,4 miliar lebih.

“Hal ini patut kita banggakan, karena masih banyak daerah lain yang sampai sekarang ini belum mencairkan dana Pilkada, padahal tahapan Pilkada sudah berjalan, dan ada juga kabupaten/kota di Aceh yang dana Pilkadanya tidak sesuai dengan yang diusulkan, hal ini sangat berbeda dengan daerah kita,” kata Elfiza.

Dalam penggunaan dana itu. lanjut Elfiza, KIP akan didampingi oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Pelaporan (BPKP), sebab setiap pertanggungjawabannya nanti akan diaudit oleh tim BPK. “Kita sama-sama berharap agar Pilkada di Abdya akan aman dan lancar,” demikian singkatnya. [Rizal]

To Top