Nasional

Eko Janji Prioritaskan Pembangunan Badan Usaha Desa

ACEHTERKINI.COM | Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, mengaku mendapatkan pesan khusus dari Presiden Joko Widodo, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. Pesan itu disampaiakan Jokowi saat dirinya ditunjuk menjadi menteri dua hari lalu.

“Baru di kasih tahu (jadi Mendes) dua hari lalu. Pesan presiden ‘Percepat pembangunan desa’,” ungkap Eko, usai mengikuti acara sertijab di kantor Kemendes PDTT, Jl Raya Kalibata Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Untuk itu, lanjut Eko, ia akan membuat program yang bisa menyerap banyak tenaga kerja di desa. Selain itu, dirinya juga akan mendorong desa untuk membentuk badan usaha desa.

Eko Janji Prioritaskan Pembangunan Badan Usaha Desa
Sertijab Menteri Desa dari Marwan Jafar ke Eko Putro Sandjojo 

“Pada dasarnya bagaimana kita memberdayakan ekonomi desa lebih berkembang. Yang sekarang dijalankan terutama adalah untuk program-program yang bisa menyerap tenaga kerja. Kita akan push lagi pembentukan badan usaha desa. Karena badan usaha desa itu uang masuk, dengan demikian desa ada kendaraan untuk channeling KUR (Kredit Usaha Rakyat), simpan pinjam dan sarana pasca panen sesuai kebutuhan desa,” ungkapnya.

Menurut Eko, program-program di Kemendes PDTT semasa dipimpin Marwan Jafar cukup berhasil. Oleh karena itu, ia menyatakan akan meneruskan kebijakan yang telah dibuat oleh Marwan selama 21 bulan memimpin Kemendes. Eko juga meminta semua pejabat dan jajaran di kementerian tersebut untuk mendukung dan selalu berkomitmen pada semua keputusan yang dibuatnya.

“Saya baru di bidang ini. Saya akan teruskan kebijakan yang telah dibuat Marwan Jafar. Tanpa dukungan dan komitmen tidak akan jalan semua kebijakan tersebut. Ini kementerian baru, coverage-nya luas dan desa di Indonesia sangat banyak. Jadi akan sulit, tapi dengan kerja keras saya yakin kita bisa mengemban tugas dari Presiden,” tutur Eko. [Red]

To Top