Hukum

DPR RI Setuju Amnesti Din Minimi, Tapi …

ACEHTERKINI.COM | Komisi III DPR RI juga sepakat memberikan amnesti kepada kelompok Nurdin Ismail alias Din Minimi di Aceh. Hal itu ditegaskan Bambang Soesatyo dikutip laman Bisnis.com, Kamis (21/7/2016).

Bambang menjelaskan permohonan amnesty tersebut disampaikan oleh Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan yang didampingi oleh Kabareskrim Ari Dono, Kepala BIN Sutiyoso, dan Kepala BNPT Suhardi Alius serta perwakilan TNI Irjen M Setyo Sularso.

Alasan diberikannya amnesty tersebut lantaran kelompok Din Minimi telah menyerahkan diri dan persenjataannya.

DPR RI Setuju Amnesti Din Minimi, Tapi ...
Bambang Soesatyo

Pun demikian, sebelum komisi III DPR memberikan keputusan atas permohonan tersebut, Irjen Setyo mengatakan tetap menginginkan adanya proses hukum bagi anggota kelompok Din Minimi yang telah membunuh anggota TNI.

“Din sudah berbuat kejahatan dan kriminal. Anggota kami dibunuh oleh mereka. Serda Indrawan dan Serda Hendriyanto. Panglima TNI mengatakan semua prajurit anak-anak saya. Yang kami inginkan siapa yang bunuh TNI harus melalui proses hukum dulu. Setelah itu mau dibuat apa silakan,” ujar Setyo menirukan perkataan Panglima TNI di forum itu.

Perwira TNI dengan tiga bintang itu menegaskan bahwa prajurit TNI yang dibunuh oleh kelompok Din bertugas untuk negara. Karenanya, kepergian mereka tidak bisa dianggap seperti sia-sia.

Sikap TNI yang disampaikan Setyo, seketika ditanggapi Menkopolhukam Luhut, dengan menyatakan kelompok Din Minimi yang melakukan pembunuhan terhadap prajurit TNI tetap akan menjadi pertimbangan tersendiri dalam menangani masalah ini. [Red]

To Top