Ekonomi

Produk Mebel Rotan dari Aceh Jaya Mulai Dieskpor

ACEHTERKINI.COM | Koperasi Transportasi Aceh Jaya mengekspor perdana sebanyak 250 unit mebel rotan dengan 23 jenis model melalui MoU Pengelolaan Hasil Hutan bukan kayu dengan Dinas Kehutanan Provinsi Aceh KPH wilayah I Tahun 2016.

Mebel rotan dari Aceh Jaya ini diekspor  ke empat Negara yaitu Malaysia, China, Beijing dan Thailand. Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman melepas secara resmi produk unggulan tersebut di Gampong Mon mata, Kecamatan Krueng Sabee, Rabu (22/06/2016).

Direktur Koperasi Transportasi Aceh Jaya ( Koptran Jaya), Suhelmi mengatakan, upaya ekspor ini dilakukan guna meningkatkan harga saing dan produksi mebel rotan Aceh Jaya.

Produk Mebel Rotan dari Aceh Jaya Mulai Dieskpor

”Selama ini kami hanya mengirim bahan baku mentah ke Medan dan Cirebon, tapi sekarang kami olah sendiri hingga sekarang sudah bisa ekspor,” kata dia kepada acehterkini.

Bahan baku rotan ditampung dari masyarakat Aceh Jaya dan Lhoong Aceh Besar. “Kita tampung seharga Rp10.000 – Rp12.000 per batang,” tambahnya.

Usaha ini mendapat apresiasi yang tinggi dari Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya. “Ini merupakan kesempatan besar bagi pekerja pencari rotan sehingga dengan adanya pengolahan di gampong sendiri memudahkan penjualan dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Azhar Aburrahman.

Bupati berharap koperasi ini mendapat dukungan dari semua pihak sehingga dapat   membantu masyarakat menampung hasil hutan yaitu rotan.

Sementara itu Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (PKH) Wilayah I Aceh, Fajri mengatakan,  kegiatan  ekspor perdana mebel rotan dari Aceh Jaya ini merupakan jembatan untuk dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Jika kegiatan ekspor lancar maka industri kecil dan rumah tangga dapat kita lakukan kerja sama untuk produksi mebel rotan Aceh Jaya,” demikian Fajri. [Arief]

To Top