Sosial

Pembangunan Akhlak Kunci Pencegahan Korupsi

ACEHTERKINI.COM | Salah satu upaya pencegahan korupsi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh adalah pembangunan akhlak. Implementasinya lewat beragam program dan kegiatan mulai dari dakwah, program diniyah di semua tingkatan sekolah hingga mendorong peningkatan hafiz qur’an.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal saat menjadi pemateri dalam Konvensi Antikorupsi 2016 Pemuda Muhammadiyah di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (18/6/2016).

Pembangunan Akhlak Kunci Pencegahan Korupsi

Menurutnya, dengan visi membangun Banda Aceh sebagai Model Kota Madani maka pembangunan akhlak merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan pihaknya. “Kami percaya jika warga kota memiliki akhlak yang baik, maka insyaallah pembangunan pada berbagai bidang lainnya akan menjadi jauh lebih mudah. Termasuk dalam hal pencegahan korupsi.”

Illiza menyebut beberapa titik rawan terjadinya tindakan korupsi meliputi pada proses penyusunan anggaran, kolusi pengusaha dan penguasa, bisnis pejabat negara, pengadaan barang/jasa pemerintah, pemungutan pajak daerah, penerimaan PNS dan pelayanan perizinan.

Selajutnya ia memaparkan sejumlah upaya pencegahan korupsi lainnya yang telah dilakukan Pemko Banda Aceh lewat penataan orgainisasi dan tata laksana, perubahan pola pikir dan budaya kerja organisasi, pembenahan pelayanan publik, dan pengembangan SDM aparatur sipil negara. [ril]

To Top