Sosial

Jelang Pilkada 2017, KIP Abdya Rekrut PPK dan PPS

ACEHTERKINI.COM | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak Selasa (21/6/2016) mulai membuka pendaftaran untuk calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pilkada 2017 mendatang.

Ketua Pokja Sosialisasi KIP Abdya, Said Masykur SH kepada wartawan Rabu (22/6/2016) mengatakan, mulai dari kemarin hingga hari kedua pembukaan pendaftaran calon PPK dan PPS, sudah ada sekitar ratusan peserta yang mendaftar.

Jelang Pilkada 2017, KIP Abdya Rekrut PPK dan PPS

Disebutkan, pendaftaran calon anggota PPK akan dibuka selama tujuh hari mulai dari 21-27 Juni 2016, dimana kelengkapan berkas pendaftaran diterima langsung oleh panitia di aula KIP setempat sesuai dengan kecamatan masing-masing.

Jumlah PPK yang akan direkrut sebanyak 45 orang, untuk masing-masing kecamatan ditempati 5 orang dengan syarat para calon harus berdomisili di wilayah kecamatan pendaftar, dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), tidak menjadi anggota partai politik (parpol) yang dinyatakan dengan surat pernyataan.

“Para calon juga belum pernah menjabat dua kali sebagai anggota PPK, PPS dan KPPS. Hal ini beradasarkan Surat Edaran KPU tentang rekrutmen PPK, PPS dan KPPS,”ungkap Masykur.

Bagi calon  anggota PPK yang telah mendaftar nantinya akan mengikuti tahapan seleksi diantaranya seleksi kelengkapan administrasi yang langsung dilaksanakan ketika calon anggota melakukan pendaftaran, ujian tulis dijadwalkan pada 29 Juni dan wawancara pada 2-3 Juli mendatang.

Selain itu, KIP Abdya juga melakukan rekrutmen PPS sebanyak 396 yang akan ditempatkan disetiap desa, dimana dalam satu desa akan ada tiga orang PPS yang bertugas.

“Kepala Desa diminta untuk mengirimkan nama-nama calon anggota PPS minimal sebanyak enam orang. Mereka akan kami seleksi kembali melalui tes wawancara,”terangnya.

Dia berharap, dalam proses penerimaan calon PPK dan PPS tidak terkendala serta berjalan sebagaimana mestinya, sehingga mereka yang dinyatakan lulus dapat langsung dilantik pada 27 Juli mendatang untuk selanjutnya menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (Rizal)

To Top