Layanan Publik

Harga Bahan Sembako Mahal, Abdya Gelar Operasi Pasar

ACEHTERKINI.COM | Setelah menggelar Pasar Rakyat beberapa waktu lalu, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menggelar operasi pasar (OP) di sejumlah kecamatan dalam kabupaten setempat.

OP yang dilaksanakan oleh Tim Pengendali Implasi Daerah (TPID) tersebut, bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terkait gejolak harga bahan sembako selama Bulan Suci Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Kepala Disperindagkop dan UKM Abdya, Drs Sulaiman MM, Selasa (21/6/2016) mengatakan, pelaksanaan OP tersebut akan dimulai Rabu – Minggu (22-26/6/2016) mendatang disejumlah kecamatan yang sudah ditentukan oleh TPID Disperindagkop dan UKM Abdya. Seperti, Kecamatan Blangpidie, Susoh, Kuala Batee, Lembah Sabil dan Babahrot.

Harga Bahan Sembako Mahal, Abdya Gelar Operasi Pasar

“Kalau untuk empat kecamatan lainnya, seperti Manggeng, Tangan-Tangan, Jeumpa dan Setia sudah dilaksanakan pasar murah oleh tim dari Provinsi Aceh,” kata Sulaiman.

Namun pihaknya memastikan, kalau pelaksanaan OP ini merupakan langkah terbaik untuk mengendalikan harga bahan pokok yang terus naik selama bulan puasa dan menjelang Lebaran.

“Kita tidak membatasi masyarakat yang akan mendapatkan paket ini. Yang jelas satu masyarakat mendapatkan 1 paket,” sebutnya.

Paket sembako tersebut,  berupa Gula Pasir, Tepung, Telor, Mentega dan Minyak Makan, dengan total 5.680 paket untuk sejumlah kecamatan yang sudah ditentukan itu. “Semua bahan sembako tersebut, sudah disubsidi 25 persen dari harga pasar,” tuturnya.

Seperti, harga Gula di pasaran sekitar Rp.18.000/kg, disubsidi Rp.4.500 sehingga harga gula menjadi Rp.13.500/kg. Kemudian Tepung, harga dipasaran Rp.10.000/kg, disubsidi Rp.2.500 menjadi Rp.7.500/kg. Minyak makan dalam kemasan, dipasaran seharga Rp.27.000 untuk isi 2 kg, disubsidi Rp.6.750 sehingga menjadi Rp.20.250. Terakhir Telur, dipasaran Rp.35.000/papan, disubsidi Rp.7.750, menjadi Rp.27.250.

“Untuk lokasi OP itu nanti, kita akan koordinasi dengan pihak kecamatan masing-masing, kepada masyarakat tidak diberikan kupon khusus, akan tetapi lansung datang kelokasi yang sudah ditentukan,” ujarnya singkat. (Rizal)

To Top