Kesehatan

Makanan dan Minuman Ini Menjaga Kulit Tetap Sehat

ACEHTERKINI.COM | Banyak makanan yang kaya nutrisi dan bisa membuat kulit memancarkan keindahan dari dari dalam sehingga tak perlu keluar banyak uang untuk melakukan perawatan dan menjaga kulit tetap sehat.

Lalu, makanan apa sajakah yang dipercaya bisa membantu menjaga kecantikan kulit serta baik untuk kesehatan tubuh? Berikut beberapa di antaranya menurut tempo.co.

Berbagai jenis jeruk, brokoli, kiwi, stroberi
Apa kesamaan dari buah dan sayur di atas? Menurut penelitian yang dimuat di The American Journal of Clinical Nutrition, mereka yang mengkonsumsi buah atau sayur yang mengandung banyak vitamin C memiliki kulit yang lebih sedikit kerut, lebih kenyal, dan selalu segar dibanding mereka yang kurang vitamin C.

Makanan dan Minuman Ini Menjaga Kulit Tetap Sehat

Vitamin C mengandung antioksidan yang tinggi dan ampuh melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit dan menghambat produksi kolagen. Padahal kolagen inilah yang bisa membuat kulit tetap kencang dan menjauhkan dari garis-garis halus. Satu buah kiwi mengandung 120 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Teh hijau
Teh hijau mengandung katecin, yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke kulit dan menyebabkan kult lebih halus dan elastis. Meminum teh hijau setiap hari juga bisa mencegah kulit terbakar sinar matahari.

Tomat
Zat likopen dalam tomat sudah terbukti mampu memberi perlindungan terhadap sinar matahari yang bia merusak kulit. Apapun bentuknya, saus, tomat rebus, atau tomat potong kalengan, semua mengandung likopen.

Kacang-kacangan
Makanan ini penuh protein dan serat, serta kaya akan seng. Riset sudah membuktikan bahwa bila seseorang kekurang seng, maka ia akan mudah berjerawat.

Air putih
Minumlah banyak air atau H2O agar kulit sehat dan awet muda. Air menghidrasi kulit dari dalam dan tidak mengandung gula. Minuman yang mengandung gula hanya akan menaikkan kadar gula darah dan membuat kulit terlihat tidak sehat.

Kurangi gula
Cobalah kurangi konsumsi gula. Ketika kadar gula darah naik, zat gula itu akan berubah menjadi protein yang mempengaruhi kolagen dan kemudian menjadi zat yang bisa mengurangi elastisitas kulit. Perubahan hormon akibat naiknya gula darah secara tajam juga bisa menyebabkan iritasi dii kulit dan bintik-bintik merah. []

To Top