Layanan Publik

Hindari Krisi Pangan, Bupati Ingin Distannak dan BP4K Abdya Kompak

ACEHTERKINI.COM | Untuk menghindari terjadinya krisis pangan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, meminta Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) dan Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) kompak dalam mempertahankan prestasi yang telah diraih dalam peningkatan produksi dan luas tanam di wilayah Abdya.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Jufri dalam rapat terbatas di pendopo bupati beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, Bupati Jufri menekankan agar Distannak dan BP4K untuk serius menangani persoalan pertanian di Abdya agar menjadi lumbung padi berskala nasional. Selain itu, Bupati Jufri juga meminta agar dua instansi tersebut tidak saling lempar handuk saat ada masalah dilapangan.

Hindari Krisi Pangan, Bupati Ingin Distannak dan BP4K Abdya Kompak

Kepala Distannak Abdya, Maswadi kepada wartawan Minggu (29/5/2016) mengatakan, dengan menjaga kekompakan itu, Bupati Abdya menginginkan agar para petani dapat digiring, untuk dapat mengikuti jadwal tanam serentak pada Musim Tanam (MT) Gadu tahun 2016 yang akan berlangsung usai hari raya Idul Fitri nanti.

“Kita diminta oleh pak Bupati untuk kompak, agar lebih serius dalam persiapan menghadapi MT nantinya, mulai dari persiapan benih unggul, pupuk dan dosis yang berimbang,”kata Maswadi.

Demikian juga penyediaan obat-obatan vestisida, fungisida, insektisida, dan lain-lain yang diperlukan, untuk mengatasi bila ada gejala serangan hama penyakit pada padi yang sewaktu-waktu bisa mengancam.

“pak Bupati meminta agar segala obat-obat untuk mengantisipasi hama dapat tersedia agar hama tidak menyerang sehingga menimbulkan gagal panen,” tutur Maswadi mengulang kata-kata Bupati.

Selain itu, Bupati juga menekankan, Distannak Abdya mempersiapkan jadwal tanam yang tepat, dengan prediksi tanam dan panen yang tidak dalam kondisi banjir dan kekeringan. “Pedomani ramalan iklim dari Badan Metrologi dan Geofisika (BMG) Aceh,”sebutnya.

Dalam rapat terbatas itu lanjut Maswadi, Bupati Jufri memberikan apresiasi kepada Distannak, BP4K dan Jajaran Kodim 0110/Abdya, karena telah berhasil menoreh prestasi  dalam peningkatan produksi padi di Abdya. Dimana, pencapaian hasil itu melebihi target nasional.

Dalam menghadapi MT Gadu 2016 mendatang, Distannak sudah mempersiapkan benih untuk 7000 ha lahan sawah. Disamping itu, sejumlah alat mesin pertanian (Alsintan) siap pakai, juga telah tersedia.

“Segala persiapan telah kita matangkan, tinggal terjun kelapangan saja. Kita tidak akan kecewakan harapan pak bupati yang juga merupakan harapan kita semua,” demikian urai Maswadi. (Rizal)

To Top